Skripsi
The Marketing Strategy of Entertainment Agency (SM Entertainment) in the Kpop Music Industry
Globalisasi teknologi dan musik telah mengubah industri musik, memungkinkan orang dari seluruh dunia untuk dengan mudah mengonsumsi musik. Di antara genre populer yang mendapatkan perhatian internasional, Kpop telah menjadi sensasi dengan gerakan tari khasnya dan pertunjukan yang menarik secara visual. Keberhasilan industri Kpop banyak berkat upaya pemasaran strategis dari agensi hiburan. Esai ini berfokus pada strategi pemasaran yang diterapkan oleh SM Entertainment, salah satu agensi hiburan terbesar di Korea Selatan, untuk mempromosikan musik Kpop. Esai ini dimulai dengan ringkasan singkat tentang kebangkitan Kpop dan popularitasnya secara global. Kemudian, esai menelusuri analisis pendekatan pemasaran SM Entertainment, termasuk komunikasi pemasaran terpadu (IMC) melalui media sosial, strategi keterlibatan penggemar, dan saluran distribusi global. SM Entertainment menekankan penampilan artisnya dalam video musik dan pertunjukan live, dengan tujuan menciptakan konten yang menarik secara visual untuk menarik penggemar. Pencampuran pemasaran mereka mencakup produk (artis, pertunjukan, dan musik), harga (harga distribusi fisik dan digital), tempat (saluran distribusi), dan promosi (media sosial dan promosi offline). Lebih lanjut, strategi pemasaran SM Entertainment melibatkan aspek B2B dan B2C, berkolaborasi dengan platform seperti Youtube dan Google untuk mendapatkan pendapatan dan menargetkan penggemar melalui penjualan merchandise dan klub penggemar. Esai ini menyoroti kesuksesan NCT, salah satu artis SM Entertainment, dan membahas sumber pendapatan masa depan untuk perusahaan, seperti Metaverse, NFT, dan program TV. Secara kesimpulan, strategi pemasaran SM Entertainment mencerminkan pentingnya memanfaatkan media sosial, keterlibatan penggemar, dan kemitraan global untuk mendorong pertumbuhan agensi hiburan dalam industri musik. Musisi dan agensi yang bercita-cita tinggi dapat mengambil inspirasi dari kesuksesan SM Entertainment dan mempertimbangkan teknologi masa depan untuk tetap unggul dalam pasar musik yang kompetitif.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
14558 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2023 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing strategy Music industry Entertainment agency Kpop |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Makalah Non-Seminar |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |