Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER
TERHADAP KREDIBILITAS BRAND,
LOYALITAS DAN KOMITMEN
NASABAH. STUDI PADA:
PENGGUNA APLIKASI M...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023

Tesis

Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Kredibilitas Brand, Loyalitas dan Komitmen Nasabah. Studi Pada: Pengguna Aplikasi Mobile Banking

Altaviar Alam Firdaus - ; Rizky Luxianto (Pembimbing/Promotor) - ; T. Ezni Balqiah (Penguji) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ;

Ketatnya persaingan di Industri perbankan di Indonesia akibat invasi bank dan dompet digital memaksa perusahaan untuk menggunakan strategi marketing yang efektif untuk mempertahankan serta mendapatkan nasabah. Salah satunya dengan menggunakan celebrity sebagai endorser. Tujuan penelitian ini untuk menguji peran celebrity endorser dalam menumbuhkan kredibilitas brand dan bagaimana pengaruhnya terhadap loyalitas dan komitmen nasabah pengguna mobile banking. Untuk menguji sembilan hipotesis yang diajukan, penelitian ini menggunakan online survey dengan metode purposive sampling untuk mendapatkan 201 responden yang memenuhi kriteria penelitian yaitu nasabah pengguna mobile banking yang berdomisili di Indonesia dan mengetahui siapa celebrity endorser dari mobile banking yang responden gunakan. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan dari sembilan hipotesis yang diuji hanya tujuh hipotesis yang menunjukkan hasil yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dukungan selebriti pada iklan mobile banking berdampak positif terhadap kredibilitas brand serta loyalitas dan komitmen. Pemilihan jenis kelamin memoderasi pengaruh kredibilitas selebriti terhadap kredibilitas brand dimana selebriti wanita lebih memberikan pengaruh terhadap brand credibility sedangkan profesi selebriti tidak memoderasi pada kredibilitas brand. Dalam menentukan siapa celebrity endorsernya, perbankan di Indonesia dapat lebih fokus mempertimbangkan faktor trustworthiness dari celebrity endorser dibandingkan faktor lainnya seperti expertise dan attractiveness.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 362/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekMobile banking
Commitment
Brand credibility
Trust
Loyalty
Celebrity credibility
Celebrity endoser
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 95 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?