Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
DAMPAK KELAYAKAN FINANSIAL
PEMBANGUNAN JALAN TOL BARU
DENGAN PENAMBAHAN LINGKUP
PERJANJIAN KERJASAMA
PEMERINTAH DENGAN B...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Dampak Kelayakan Finansial Pembangunan Jalan Tol Baru dengan Penambahan Lingkup Perjanjian Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di Indonesia

Fahmi Amika Azka - ; Nur Dhani Hendranastiti (Pembimbing/Promotor) - ; Dony Abdul Chalid (Penguji) - ; Dewi Hanggraeni (Penguji) - ;

Ketidakmampuan pemerintah di banyak negara berkembang untuk menyediakan infrastruktur dasar telah mendorong adopsi skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Namun banyak negara berkembang gagal menarik investasi swasta dengan KPBU dengan jumlah yang diharapkan. Makalah ini mengembangkan skema alternatif yang dapat meminimalkan kesenjangan pendanaan dan mempromosikan investasi infrastruktur yang berkelanjutan melalui amandemen perjanjian KPBU dengan melakukan penyesuaian tarif khusus pada jalan tol yang ada. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, dilakukan pengembangan model konseptual dan analisis empiris. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan lingkup perjanjian KPBU dalam pengembangan jalan tol baru dengan melakukan penyesuaian tarif pada jalan tol yang ditambah lingkupkan meningkatkan net present value karena arus kas masuk di awal lebih besar, sehingga pay back period juga lebih cepat. Selain itu, skema ini mengurangi kebutuhan cash deficiency support selama periode awal operasi. Alternatif skema ini juga dapat meminimalkan kebutuhan dukungan langsung dari Pemerintah, dapat memberikan tarif wajar bagi pengguna jalan tol baru, dan memberikan pengembalian investasi yang menarik untuk kepentingan swasta.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 366/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekPublic private partnership
Toll road
Concession Agreement
Sustainable investment
Funding gap
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 69 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?