Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
INTENSI PEMILIHAN
SUSTAINABLE FASHION: ANALISA
PERCEIVED VALUE DAN
PERCEIVED RISK KONSUMEN
RENTAL PAKAIAN INDONESIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023

Tesis

Intensi Pemilihan Sustainable Fashion: Analisa Perceived Value dan Perceived Risk Konsumen Rental Pakaian Indonesia

Cicilia Kusnadi - ; Yeshika Alversia (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Adi Zakaria Afiff (Penguji) - ;

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai dan risiko yang dirasakan konsumen terhadap konsumsi circular fashion di Indonesia, khususnya pada platform penyewaan pakaian online. Penelitian ini juga menyelidiki peran moderasi keterlibatan konsumen pada hubungan antara sikap produk dan niat perilaku, yaitu niat WOM dan niat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuisioner online untuk mendapatkan data survei dari 301 responden di kota-kota di Indonesia. Sebuah survei di antara pengguna platform penyewaan online di Indonesia dilakukan. Pendekatan Partial Least Square digunakan untuk memvalidasi validitas, reliabilitas, dan hubungan skala model yang diusulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai emosional, nilai sosial, risiko finansial, risiko estetika, dan risiko sanitasi berpengaruh signifikan terhadap sikap produk. Peran moderasi keterlibatan konsumen ditemukan dalam hubungan antara nilai sosial dan sikap produk, serta sikap produk dan niat WOM. Penelitian ini adalah penelitian pertama yang mengevaluasi bagaimana konsumen Indonesia memandang nilai dan risiko dari platform penyewaan pakaian bekas, dan apakah keterlibatan konsumen akan berpengaruh terhadap niat beli dan niat WOM. Penemuan dalam penelitian ini juga dapat membantu pemasar circular fashion Indonesia untuk membuat strategi promosi yang lebih sesuai.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 372/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekConsumer behavior
Perceived value
Behaviour intention
Perceived risk
Wom
Sustainable Fashion
Consumer involvement
Product attitude
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii. 117 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?