Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH PENERAPAN
OMNICHANNEL TERHADAP SERVICE
QUALITY, PERCEIVED VALUE,
DAN CUSTOMER SATISFACTION
PADA PELAYANAN RESTO...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Pengaruh Penerapan Omnichannel terhadap Service Quality, Perceived Value, dan Customer Satisfaction pada Pelayanan Restoran di Indonesia

Yudhistira Qasthari Putra - ; Nurdin Sobari (Pembimbing/Promotor) - ; Daniel Tumpal H. Aruan (Penguji) - ; Arviansyah (Penguji) - ;

Industri 4.0 menjadi topik yang sering dibicarakan akhir-akhir ini. Dengan revolusi industri keempat, perkembangan teknologi menjadi sangat pesat. Perkembangan ini menyebabkan perubahan dalam dunia bisnis, termasuk bisnis restoran. Omnichannel merupakan salah satu bentuk penerapan teknologi di restoran. Penerapan omnichannel di restoran berada pada proses pemesanan makanan. Pelanggan dapat melakukan pemesanan menggunakan platform online tanpa menunggu pelayan dari restoran untuk membantu mereka. Melalui metode ini, pelanggan dapat memesan makanan dan memilih metode pembayaran. Hal ini dapat memengaruhi pengalaman pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan implementasi omnichannel dengan tiga variabel, yaitu kualitas layanan, nilai yang dirasakan, dan kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini diperoleh 214 responden yang mengisi kuesioner sebagai data yang akan dianalisis. Metode SEM digunakan untuk melihat hubungan antar variabel dari penelitian. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pengetahuan tentang omnichannel dapat lebih dipahami secara akademis dan praktis serta omnichannel dapat diterapkan secara optimal sehingga dapat memberikan manfaat baik bagi bisnis maupun pelanggan. Dari penelititan yang dilakukan diperoleh hasil bahwa omnichannel memiliki pengaruh terhadap service quality, perceived value, dan customer satisfaction baik secara langsung maupun tidak langsung. Perlu adanya penerapan omnichannel yang baik pada restoran demi mendukung peningkatan pelayanan yang dapat ditawarkan oleh restoran terhadap customer.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 379/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekService quality
Perceived value
Customer Satisfaction
Restoran
Omnichannel
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 72 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?