Tesis
Analisis Niat Beli Warna Pakaian Berdasarkan Rekomendasi Sosial Media Influencer pada Generasi Z
Menurut data survey Business of Fashion (BOF) Oktober 2022, fashion merupakan kategori hiburan paling favorit dimana generasi Z akan menghabiskan uang. Generasi Z memiliki panutan yang disebut influencer dan konten dari influencer kesukaan merupakan kekuatan pendorong penting untuk konsumsi pada dunia nyata. Influencer fashion mempengaruhi mereka dalam memilih gaya berbusana fashion termasuk pemilihan warna pakaian. Pemilihan warna adalah aspek penting dalam pertimbangan pembelian pakaian, namun belum banyak studi yang menghubungkan warna dalam fashion dan keilmuan pemasaran. Pada penelitian yang menghubungkan atribut influencer dengan nilai perilaku di penelitian ini, penulis mencari hubungan antara persepsi karakterisasi dengan penciptaan nilai pelanggan sebagai variabel mediasi yang juga dapat langsung berhubungan dengan niat beli khususnya pada generasi Z di Indonesia.
Tujuan penelitian untuk menganalisis atribut influencer terhadap karakter yang dirasakan pengikut sehingga terjalin penciptaan nilai pelanggan dirasakan untuk menemukan niat beli preferensi warna pakaian pada generasi Z di Indonesia. Menggunakan pendekatan kuantitatif tipe deskriptif dengan sampel dengan 388 responden dari generasi Z di Indonesia. Pada penelitian ini peneliti mengumpulkan data primer dengan teknik pengumpulan data melalui pengisian kuesioner dengan melakukan proses survei dan data yang didapat akan dianalisis dengan metode Structural Equation Model (SEM).
Secara keseluruhan, penelitian ini menguji teori hasil penelitian terdahulu dan mendorong penelitian lebih lanjut tentang niat perilaku pengikut dalam pemasaran influencer di Indonesia. Penelitian ini menjadi referensi berharga bagi praktisi pemasaran dan influencer terhadap penentuan warna pakaian yang akan diproduksi untuk mengurangi product waste dan efektifitas pemasaran. Hasil penelitian membuktikan bahwa tidak semua variabel pada influencer fashion secara positif mempengaruhi niat beli pengikut dan warna pakaian pink, biru, dan kuning yang paling diminati untuk diikuti responden sesuai dengan contoh rekomendasi influencer fashion
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 382/23 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia., 2023 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Social media Purchase intention Generation Z Influencer Marketing Fashion color |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 137 p. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |