Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS NIAT BELI WARNA
PAKAIAN BERDASARKAN
REKOMENDASI SOSIAL MEDIA
INFLUENCER PADA GENERASI Z
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Analisis Niat Beli Warna Pakaian Berdasarkan Rekomendasi Sosial Media Influencer pada Generasi Z

Monica Ester - ; Anna Amalyah Agus (Pembimbing/Promotor) - ; Agung Nugroho (Penguji) - ; Adi Zakaria Afiff (Penguji) - ;

Menurut data survey Business of Fashion (BOF) Oktober 2022, fashion merupakan kategori hiburan paling favorit dimana generasi Z akan menghabiskan uang. Generasi Z memiliki panutan yang disebut influencer dan konten dari influencer kesukaan merupakan kekuatan pendorong penting untuk konsumsi pada dunia nyata. Influencer fashion mempengaruhi mereka dalam memilih gaya berbusana fashion termasuk pemilihan warna pakaian. Pemilihan warna adalah aspek penting dalam pertimbangan pembelian pakaian, namun belum banyak studi yang menghubungkan warna dalam fashion dan keilmuan pemasaran. Pada penelitian yang menghubungkan atribut influencer dengan nilai perilaku di penelitian ini, penulis mencari hubungan antara persepsi karakterisasi dengan penciptaan nilai pelanggan sebagai variabel mediasi yang juga dapat langsung berhubungan dengan niat beli khususnya pada generasi Z di Indonesia.
Tujuan penelitian untuk menganalisis atribut influencer terhadap karakter yang dirasakan pengikut sehingga terjalin penciptaan nilai pelanggan dirasakan untuk menemukan niat beli preferensi warna pakaian pada generasi Z di Indonesia. Menggunakan pendekatan kuantitatif tipe deskriptif dengan sampel dengan 388 responden dari generasi Z di Indonesia. Pada penelitian ini peneliti mengumpulkan data primer dengan teknik pengumpulan data melalui pengisian kuesioner dengan melakukan proses survei dan data yang didapat akan dianalisis dengan metode Structural Equation Model (SEM).
Secara keseluruhan, penelitian ini menguji teori hasil penelitian terdahulu dan mendorong penelitian lebih lanjut tentang niat perilaku pengikut dalam pemasaran influencer di Indonesia. Penelitian ini menjadi referensi berharga bagi praktisi pemasaran dan influencer terhadap penentuan warna pakaian yang akan diproduksi untuk mengurangi product waste dan efektifitas pemasaran. Hasil penelitian membuktikan bahwa tidak semua variabel pada influencer fashion secara positif mempengaruhi niat beli pengikut dan warna pakaian pink, biru, dan kuning yang paling diminati untuk diikuti responden sesuai dengan contoh rekomendasi influencer fashion


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 382/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekSocial media
Purchase intention
Generation Z
Influencer Marketing
Fashion color
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 137 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?