Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH SERVICE QUALITY
TERHADAP CUSTOMER
SATISFACTION, COMPLAINTS,
ENGAGEMENT, DAN LOYALTY:
STUDI PADA INDIHOME PT.
TE...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Pengaruh Service Quality terhadap Customer Satisfaction, Complaints, Engagement, dan Loyalty: Studi pada IndiHome PT. Telkom Indonesia

Malinda Puteri Kusaeni - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Pembimbing/Promotor) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Arga Hananto (Penguji) - ;

Sejak pandemi, digitalisasi telah berjalan lebih cepat daripada yang pernah dibayangkan sebelumnya. Produk IndiHome unggul dibandingkan pesaingnya dengan menguasai lebih dari 80% pangsa pasar dari tahun 2019-2021. Di sisi lain, terdapat paradoks bahwa IndiHome kehilangan hampir 10% pelanggannya tahun 2022 tetapi mendapatkan lebih banyak pelanggan pada tahun yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan, keluhan, keterlibatan, dan loyalitas pelanggan terhadap IndiHome PT. Telkom Indonesia. SEM PLS digunakan untuk menguji hubungan antara variabel dependen dan independen secara terpisah, dengan sampel sebanyak 308 responden yang merupakan pengguna area Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pelanggan penting terutama untuk penyedia layanan internet di mana kualitas layanan kritis. Hasil penelitian juga menemukan bahwa kepuasan dan keterlibatan memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Namun, hubungan antara kepuasan dengan keluhan, kemudian terhadap loyalitas pelanggan, ternyata tidak signifikan. Hasil penelitian ini memberikan contoh yang terbukti secara ilmiah dari penyedia layanan internet terbesar di Indonesia bagi pemasar di industri yang sama untuk meningkatkan persaingan mereka di pasar yang terus berkembang. Penelitian ini hanya fokus mengungkapkan hubungan antara kepuasan dan keluhan kemudian loyalitas pelanggan, oleh karena itu penelitian di masa depan diharapkan juga menguji hubungan dengan kesadaran merek dan penanganan keluhan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 393/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekService quality
Customer loyalty
Customer Satisfaction
Customer engagement
Customer complaints
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 79 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?