Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
SENTIMEN INVESTOR DAN IPO
PUZZLE DI INDONESIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Sentimen Investor dan IPO Puzzle di Indonesia

Marisa Anggraeni - ; Zaafri Ananto Husodo (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Arviansyah (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sentimen investor di media sosial terhadap fenomena IPO puzzle perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis sentimen pada media sosial Twitter untuk mengukur sentimen investor dan dampaknya terhadap IPO puzzle dengan menggunakan text mining dan klasifikasi support vector machines (SVM). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 121.945 pesan dari 360 perusahaan di Indonesia yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2011 hingga 2021 setelah dilakukan filtering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentimen investor pada media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap IPO puzzle, hal ini menunjukkan bahwa sentimen investor pada media sosial dapat mempengaruhi harga IPO di pasar saham Indonesia. Studi ini berkontribusi pada literatur IPO puzzle dan sentimen investor, memberikan wawasan bagi investor dan praktisi di pasar saham Indonesia


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 394/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekTwitter
Indonesian Stock Market
Investor sentiment
text mining
IPO Puzzle
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 57 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?