Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
KAJIAN TERHADAP PENGARUH
WORK AS A CALLING DAN WORK
VOLITION TERHADAP INTENTION
TO STAY KARYAWAN INDUSTRI
FMCG (STUDI EM...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Kajian terhadap Pengaruh Work as a Calling dan Work Volition terhadap Intention to Stay Karyawan Industri FMCG (Studi Empiris pada Wilayah Jabodetabek)

Meytha Dwiantika Kadang - ; Elok Savitri Pusparini (Pembimbing/Promotor) - ; Aryana Satrya (Penguji) - ; M. Irfan Syaebani (Penguji) - ;

Indonesia melakukan berbagai pendekatan dan strategi untuk kembali mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkelanjutan pasca pandemi Covid-19. Pertumbuhan ekonomi dari lapangan usaha dan dari segi pengeluaran di tahun 2022 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya dan secara geografis terjadi di seluruh Indonesia namun masih terkonsentrasi di Pulau Jawa terutama di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Sektor industri fast moving consumer goods (FMCG) merupakan salah satu sektor yang menunjang pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan pengeluaran dengan jumlah tenaga kerja yang banyak namun juga turunover rate yang tinggi di berbagai negara. Sehingga intention to stay menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan di sektor FMCG. Beberapa hal yang memiliki hubungan dengan intention to stay adalah work as a calling theory yang terdiri dari perceiving a calling dan living a calling, lalu work volition, P-E fit, work meaning dan career commitment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan work as a calling dan work volition terhadap intention to stay serta hubungan mediasi yang dapat muncul. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner ke karyawan FMCG Area Jabodetabek. Analisis dan pengolahan data tergolong metode kuantitatif terhadap 595 responden dengan menggunakan LISREL. Hasil penelitian peran mediasi living callling pada perceiving calling dan intention to stay berpengaruh positif dan signifikan, begitu juga dengan mediasi yang dihasilkan oleh work meaning dan career commitment dari perceiving calling dan living calling. Jalur yang paling memengaruhi intention to stay karyawan adalah perceiving calling sehingga untuk meningkatkan intention to stay karyawan, perusahaan dapat melakukan goal settings, coaching, mentoring, maupun pemberian penghargaan kepada karyawan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 433/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekIntention to Stay
FMCG Industries
Work as a calling theory
Work volition
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 125 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?