Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH
KREDIBILITAS INFLUENCER
MARKETING TERHADAP MINAT
BELI PADA INDUSTRI SKIN CARE
MEREK LOKAL INDONESIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023

Tesis

Analisis Pengaruh Kredibilitas Influencer Marketing terhadap Minat Beli pada Industri Skin Care Merek Lokal Indonesia

Arlin Tri Hastiana - ; Rifelly Dewi Astuti (Pembimbing/Promotor) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Tengku Ezni Balqiah (Penguji) - ;

Banyaknya merek produk perawatan diri di Indonesia mengakibatkan persaingan antar merek pun meningkat tidak hanya persaingan dengan antar merek lokal di Indonesia namun juga merek yang berasal dari luar Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dimensi kredibilitas influencer (yaitu expertise, trustworthiness, attractiveness dan similarity) pada niat pembelian melalui peran mediasi keterlibatan online kognitif dan afektif, brand awareness dan kepercayaan pada postingan di antara merek perawatan kulit lokal di Indonesia. Influencer Marketing dianggap representatif dari suatu merek atau produk sebagai salah satu strategi untuk memperkenalkan produk tersebut ke konsumen. Influencer marketing ditentukan berdasarkan pengaruh yang dimiliki untuk memberikan pengaruh kepada konsumen yang pada akhirnya menimbulkan niat pembelian terhadap produk tersebut. Penelitian ini akan dilakukan pada 906 responden pengguna media sosial yang pernah membeli skincare lokal di Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa expertise dan similarity memiliki pengaruh langsung terhadap minat pembelian skincare lokal di Indonesia. Keterlibatan online dan kepercayaan terhadap postingan dari Influencer memediasi parsial expertise dan similarity pada penelitian ini dan memediasi penuh attractiveness dan trustworthiness. Brand awareness memediasi penuh attractiveness, memediasi parsial expertise dan similarity terhadap minat beli skincare lokal Indonesia.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 461/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekPurchase intention
Brand awareness
Expertise
Trust
Engagement
Attractiveness
Trustworthiness
similarity
Influencer credibility
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 87 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?