Tesis
Analisis Pola Relasi Kepemimpinan Sekolah yang Berdampak pada Pemelajaran Profesional Guru dengan Konteks Budaya: Social Network Analysis
Para peneliti telah mencoba mengidentifikasi 'jalur' praktik kepemimpinan kepala sekolah yang berdampak paling signifikan pada peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Di sisi lain, terdapat bukti bahwa pengaruh kepemimpinan sekolah terhadap pemelajaran siswa bersifat tidak langsung melalui pemelajaran profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kepemimpinan dalam organisasi sekolah menggunakan pendekatan analisis jejaring sosial (SNA) dalam konteks budaya di satuan pendidikan kerjasama (SPK) Indonesia. Desain survei daring cross-sectional digunakan untuk mengumpulkan data dari SPK yang menjadi subyek multiple case study ini. SNA diterapkan untuk mengeksplorasi pola relasi kepemimpinan formal dan informal serta pengaruhnya terhadap pemelajaran profesional guru. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun kepala sekolah masih memiliki pengaruh paling signifikan, terdapat individu-individu yang menjadi pemimpin informal yang berpengaruh terhadap pemelajaran profesional guru. Kehadiran dan identifikasi pemimpin informal ini adalah bukti penerapan kepemimpinan terdistribusi (distributed leadership), sebagai praktik kepemimpinan paling efektif berdasarkan konteks budaya dan organisasi sekolah subyek
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 482/23 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia., 2023 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Social Network Analysis school principal Distributed leadership Relation pattern Teacher learning Professional learning |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xi, 101 p. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |