Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH ANTROPOMORFISME
CHATBOT TERHADAP KEPUTUSAN
PENGGUNA DALAM PEMBELIAN
PRODUK
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Pengaruh Antropomorfisme Chatbot terhadap Keputusan Pengguna dalam Pembelian Produk

Agung Nugroho - ; Imam Salehudin (Pembimbing/Promotor) - ; Yeshika Alversia (Penguji) - ; Rizal E. Halim (Penguji) - ;

Banyak perusahaan bisnis yang go digital mulai mengurangi orang sebagai front office dan menggunakan robot sebagai penggantinya. Robot yang dapat berkomunikasi seperti manusia dibutuhkan untuk mendukung perubahan menuju digital, dimana pengguna tetap mendapatkan kualitas layanan yang sama seperti ketika dengan customer service (antropomorfisme). Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kehadiran sosial, kenikmatan dalam berkomunikasi, dan kecepatan respon yang dipicu oleh penerapan antropomorfisme pada chatbot yang berdampak pada kepuasan serta intensi pembelian produk. Penelitian ini akan dilakukan melalui survei online dimana respondennya adalah pelanggan telekomunikasi yang pernah membeli produk melalui layanan chatbots. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif kehadiran sosial yang dimediasi oleh kenikmatan yang dirasakan ketika berkomunikasi melalui chatbot, dan kecepatan respon dari chatbot terhadap kepuasan pelanggan yang memicu keinginan untuk membeli produk. Penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam mengoptimalkan bahasa komunikasi yang berbasis robot (chatbot) agar pengguna merasakan hal yang sama ketika berkomunikasi dengan manusia sehingga akan mengoptimalkan minat pengguna dalam pembelian produk


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 503/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekPurchase intention
Interactive marketing
Responsiveness
social presence
Service robot
Theory of value
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 73 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?