Tesis
Pengaruh Antropomorfisme Chatbot terhadap Keputusan Pengguna dalam Pembelian Produk
Banyak perusahaan bisnis yang go digital mulai mengurangi orang sebagai front office dan menggunakan robot sebagai penggantinya. Robot yang dapat berkomunikasi seperti manusia dibutuhkan untuk mendukung perubahan menuju digital, dimana pengguna tetap mendapatkan kualitas layanan yang sama seperti ketika dengan customer service (antropomorfisme). Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kehadiran sosial, kenikmatan dalam berkomunikasi, dan kecepatan respon yang dipicu oleh penerapan antropomorfisme pada chatbot yang berdampak pada kepuasan serta intensi pembelian produk. Penelitian ini akan dilakukan melalui survei online dimana respondennya adalah pelanggan telekomunikasi yang pernah membeli produk melalui layanan chatbots. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif kehadiran sosial yang dimediasi oleh kenikmatan yang dirasakan ketika berkomunikasi melalui chatbot, dan kecepatan respon dari chatbot terhadap kepuasan pelanggan yang memicu keinginan untuk membeli produk. Penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam mengoptimalkan bahasa komunikasi yang berbasis robot (chatbot) agar pengguna merasakan hal yang sama ketika berkomunikasi dengan manusia sehingga akan mengoptimalkan minat pengguna dalam pembelian produk
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 503/23 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia., 2023 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Purchase intention Interactive marketing Responsiveness social presence Service robot Theory of value |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 73 p. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |