Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH KARAKTERISTIK
SOCIAL MEDIA INFLUENCER
TERHADAP PURCHASE INTENTION
BEAUTY PRODUCT DI INDONESIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Pengaruh Karakteristik Social Media Influencer terhadap Purchase Intention Beauty Product di Indonesia

Wirdatul Khomro Septian Chandra - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Pembimbing/Promotor) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Arga Hananto (Penguji) - ;

Penggunaan influencer Instagram dalam Industri Kecantikan meningkat berkat perkembangan internet dan media sosial, namun tantangan muncul dalam memilih karakteristik yang tepat dari influencer. Beberapa fenomena menunjukkan bahwa pemasar seringkali tidak mendapatkan hasil yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh content quality dan atiitude towards influencer terhadap niat beli produk kecantikan yang dipengaruhi oleh karakteristik beauty influencer pada Generasi Z dan Milenial di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data akan diolah menggunakan metode CB-SEM dengan aplikasi IBM AMOS 24 untuk memproses 250 data yang diperoleh melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content quality dan atiitude towards influencer mampu berpengaruh secara langsung terhadap niat beli. Variabel perceived credibility, perceived expertise, likeability, dan familiarity juga berpengaruh terhadap sikap terhadap influencer untuk niat beli. Di sisi lain, trustworthiness juga secara tidak langsung mempengaruhi purchase intention melalui content quality secara signifikan. Selain itu, similarity dan parasosia interactionl mempengaruhi niat beli secara langsung. Penelitian ini memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap influencer kecantikan dan kualitas konten yang berdampak positif pada niat beli. Hal ini diharapkan dapat membantu pengusaha dan pemasar memahami kontribusi influencer kecantikan di media sosial Instagram terhadap niat beli.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 531/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekPurchase intention
Social Media Influencer
Characteristic instagram influencer
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 145 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?