Skripsi
Pengaruh Customer Incivility terhadap Emotional Exhaustion dan Turnover Intention: Menguji Peran Supervisor Procedural Support dan Emotional Support
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh customer incivility terhadap turnover intention dalam konteks karyawan yang berhubungan dengan pelanggan di sektor perhotelan Indonesia. Dengan conservation of resources theory (COR) dan cognitive appraisal theory (CAT), penelitian ini juga mengeksplor bagaimana peran mediasi dari emotional exhaustion dan moderasi dari supervisor procedural support dan emotional support. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dan didapatkan 140 responden karyawan yang berhubungan dengan pelanggan di sektor perhotelan Indonesia. Pengolahan data menggunakan analisis model moderated-mediation menggunakan SPSS PROCESS. Hasil mengungkap bahwa customer incivility meningkatkan tingkat emotional exhaustion yang dirasakan oleh karyawan. Temuan juga menunjukkan bahwa emotional exhaustion secara penuh memediasi hubungan antara customer incivility dan turnover intention. Temuan tidak mendukung supervisor procedural support memiliki peran moderasi, namun supervisor emotional support terbukti mengurangi dampak dari customer incivility terhadap emotional exhaustion. Tingkat supervisor emotional support yang rendah dapat memicu dampak yang lebih besar dari customer incivility terhadap emotional exhaustion karyawan yang berhubungan dengan pelanggan.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
14583 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2023 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Turnover intention Emotional exhaustion Customer Incivility Supervisor procedural support |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xii, 84 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |