Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH CUSTOMER INCIVILITY
TERHADAP EMOTIONAL
EXHAUSTION DAN TURNOVER
INTENTION: MENGUJI PERAN
SUPERVISOR PROCEDURAL S...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Pengaruh Customer Incivility terhadap Emotional Exhaustion dan Turnover Intention: Menguji Peran Supervisor Procedural Support dan Emotional Support

Laila Nurul Hanifah - ; Bagus Adi Luthfi (Pembimbing/Promotor) - ; Fanny Martdianty (Penguji) - ; Basuki Muhammad Mukhlish (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh customer incivility terhadap turnover intention dalam konteks karyawan yang berhubungan dengan pelanggan di sektor perhotelan Indonesia. Dengan conservation of resources theory (COR) dan cognitive appraisal theory (CAT), penelitian ini juga mengeksplor bagaimana peran mediasi dari emotional exhaustion dan moderasi dari supervisor procedural support dan emotional support. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dan didapatkan 140 responden karyawan yang berhubungan dengan pelanggan di sektor perhotelan Indonesia. Pengolahan data menggunakan analisis model moderated-mediation menggunakan SPSS PROCESS. Hasil mengungkap bahwa customer incivility meningkatkan tingkat emotional exhaustion yang dirasakan oleh karyawan. Temuan juga menunjukkan bahwa emotional exhaustion secara penuh memediasi hubungan antara customer incivility dan turnover intention. Temuan tidak mendukung supervisor procedural support memiliki peran moderasi, namun supervisor emotional support terbukti mengurangi dampak dari customer incivility terhadap emotional exhaustion. Tingkat supervisor emotional support yang rendah dapat memicu dampak yang lebih besar dari customer incivility terhadap emotional exhaustion karyawan yang berhubungan dengan pelanggan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
14583PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekTurnover intention
Emotional exhaustion
Customer Incivility
Supervisor procedural support
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 84 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?