Skripsi
Memahami Faktor-Faktor Penentu Purchase Intention dan Willingness to Pay a Premium Price Produk Sustainable Fashion di Indonesia
Industri mode/fashion di dunia maupun di Indonesia berkembang pesat. Namun, perkembangan ini memberikan dampak negatif bagi lingkungan, yakni peningkatan produksi limbah tekstil yang menjadi penyumbang pencemaran yang cukup besar di Indonesia maupun dunia. Sustainable fashion yang merujuk pada pakaian yang diproduksi dari bahan baku yang ramah lingkungan serta proses produksinya menghasilkan polusi yang lebih sedikit dapat menjadi solusi pencemaran akibat industri mode ini. Penelitian ini meneliti tentang pengaruh Environmental concern, Product Perceived value, Consumer familiarity with the product dan Influence by influencer terhadap Purchase intention dan Willingness to pay a premium price Konsumen pada Produk Sustainable fashion di Indonesia. Penelitian ini dilakukan melalui survey terhadap 309 responden yang disebarkan secara online melalui aplikasi Whatsapp, Line, Telegram dan Instagram. Hasil survey kemudian dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Environmental concern, Product Perceived value dan Influence by influencer terhadap Purchase intention dan Willingness to pay a premium price produk sustainable clothing. Namun, Consumer familiarity with the product hanya berpengaruh positif terhadap willingness to pay a premium price, tapi tidak berpengaruh terhadap purchase intention.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
14598 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2023 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Perceived value Purchase intention Sustainable Fashion Environmental Concern |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiv, 158 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |