Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH PRODUCT INVOLVEMENT
DAN PROMOTION MESSAGE
TERHADAP MORTGAGE PURCHASE
INTENTION GENERASI
MILLENIALS DI INDONESIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Pengaruh Product Involvement dan Promotion Message terhadap Mortgage Purchase Intention Generasi Millenials di Indonesia

Andrea Theresia Manullang - ; Nurdin Sobari (Pembimbing/Promotor) - ; Sari Wahyuni (Penguji) - ; Daniel Tumpal H. Aruan (Penguji) - ;

Investasi merupakan suatu komitmen atas sejumlah dana yang dilakukan pada suatu masa yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan di masa depan (Tandellın, 2014). Mayoritas investor pemula memilih investasi dengan risiko rendah, salah satunya pada sektor properti. Salah satu investasi awal property yaitu rumah karena sekaligus dapat menjadi hunian ataupun sebagai tempat tinggal. Akan tetapi, saat ini muncul opini bahwa generasi millennial dianggap masih kesulitan dalam membeli hunian pertama mereka. Millennials dianggap masih belum melihat pentingnya berinvestasi khususnya di sektor properti. Dengan adanya program Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), millennials dapat dengan mudah memiliki hunian sebagai investasi awal mereka di bidang properti. Untuk itu, beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan KPR antara lain kepercayaan terhadap Bank penyalur KPR, pesan promosi yang menarik serta fítur program yang ditawarkan. Penelitian ini berfokus pada pengaruh product involvement dan promotion message yang membentuk consumer attitude yang terdiri atas attitude towards the brand, attitude towards the product feature dan attitude towards the advertising message terhadap niat menggunakan KPR dalam pembelian rumah bagi generasi millennials di Indonesia. Responden merupakan generasi millennials yang belum memiliki rumah dan belum pernah menggunakan pembiayaan KPR. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, serta diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan SmartPLS. Hasilnya adalah product involvement, attitude towards the product feature dan attitude towards the advertising message berpengaruh positif terhadap intention to use mortgage millennials di Indonesia. Akan tetapi attitude towards the brand berpengaruh negatif terhadap intention to use mortgage millennials di Indonesia.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 601/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekBanking
Purchase intention
Mortgage
Millenials
Product involvement
Promotion message
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 83 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?