Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH E-SERVICE QUALITY,
E-SATISFACTION DAN E-LOYALTY
PADA LAYANAN E-GROCERY:
ANALISIS MULTIGROUP
BERDASARKAN SOSIODE...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023

Tesis

Pengaruh E-Service Quality, E-Satisfaction dan E-Loyalty pada Layanan E-Grocery: Analisis Multigroup berdasarkan Sosiodemografi

Muhammad Fadhil - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Pembimbing/Promotor) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Arga Hananto (Penguji) - ;

E-Grocery adalah e-Commerce business-to-consumer (B2C) dengan tujuan utama menjual bahan makanan secara online. Karakteristik layanan ini antara lain menggunakan sistem digital (aplikasi website), dan barang dikirim secara instan (doorstep delivery). Di tengah maraknya penggunaan e-Grocery, penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara E-Service Quality, e-Satisfaction dan e-Loyalty pada produk e-Grocery di Indonesia. Selain itu, penelitian ini mencoba untuk mengungkap aspek sosiodemografis dari responden serta dampaknya pada model yang digunakan. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini diambil dari 374 responden yang menjadi pengguna e-Grocery di Indonesia. Model yang dibentuk diestimasi menggunakan PLS-SEM (Partial Least Square Structural Equation Modeling) dan Multigroup analysis Bootstrapping dengan menggunakan software Jamovi dan SmartPLS versi 4. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa aspek-aspek Utilitarian dan Hedonis memiliki hubungan yang signifikan terhadap e-Service Quality, hubungan e-Service Quality berpengaruh terhadap e-Satisfaction serta adanya hubungan positif antara e-Satisfaction terhadap e-Loyalty. Selain itu, ditemukan adanya perbedaan pada analisis Multigroup pada berdasarkan gender, usia, frekuensi penggunaan layanan dan edukasi.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 608/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekLoyalty
E-commerce
E-service quality
Multigroup analysis
E-grocery
PLS SEM
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 83 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?