Tesis
Sentimen Media Sosial sebagai Alternatif Indikator Ekonomi di Indonesia
Studi inı meneliti hubungan antara sentimen media sosial dengan indeks keyakinan konsumen (IKK) dan produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Dalam penelitian ini, dipıih 28 kata kunci yang mewakili subjek kuesioner Survei Konsumen Bank Indonesia. Sebanyak 1.131.401 data Twitter yang berisi setidaknya satu kata kunci terkumpul dari 1 Januari 2019 hingga 31 Desember 2022. Korelasi antara sentimen media sosial dan CCI sangat lemah sehingga dapat diabaikan, menurut hasil analisis sentimen yang dilakukan pada data Twiter. Adapun korelasi antara sentimen media sosial dan PDB, cukup signifikan, terutama untuk sentimen media sosial yang berasal dari akun berita. Temuan penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pemerintah atau bisnis untuk memprediksi PDB dengan cara yang lebih cepat daripada metode pemerintah tradisional.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 612/23 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2023 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Social media Gross domestic product Consumer confidence index Sentiment Analysis |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xii, 51 p. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |