Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
SENTIMEN MEDIA SOSIAL
SEBAGAI ALTERNATIF INDIKATOR
EKONOMI DI INDONESIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Sentimen Media Sosial sebagai Alternatif Indikator Ekonomi di Indonesia

Insi Fitriani - ; Anna Amalyah Agus (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Arviansyah (Penguji) - ;

Studi inı meneliti hubungan antara sentimen media sosial dengan indeks keyakinan konsumen (IKK) dan produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Dalam penelitian ini, dipıih 28 kata kunci yang mewakili subjek kuesioner Survei Konsumen Bank Indonesia. Sebanyak 1.131.401 data Twitter yang berisi setidaknya satu kata kunci terkumpul dari 1 Januari 2019 hingga 31 Desember 2022. Korelasi antara sentimen media sosial dan CCI sangat lemah sehingga dapat diabaikan, menurut hasil analisis sentimen yang dilakukan pada data Twiter. Adapun korelasi antara sentimen media sosial dan PDB, cukup signifikan, terutama untuk sentimen media sosial yang berasal dari akun berita. Temuan penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pemerintah atau bisnis untuk memprediksi PDB dengan cara yang lebih cepat daripada metode pemerintah tradisional.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 612/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekSocial media
Gross domestic product
Consumer confidence index
Sentiment Analysis
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 51 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?