Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
DAMPAK PROMOSI TERHADAP
ADOPSI CASHLESS PAYMENT PADA
KALANGAN MILENIAL INDONESIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Dampak Promosi terhadap Adopsi Cashless Payment pada Kalangan Milenial Indonesia

Agustiar Widodo Tanjung - ; Nurdin Sobari (Pembimbing/Promotor) - ; Daniel Tumpal H. Aruan (Penguji) - ; Arviansyah (Penguji) - ;

Pembayaran non-tunai sedang mengalami pertumbuhan pesat di Indonesia, dengan sekitar 55 persen pengguna smartphone melakukan transaksi non-tunai setiap hari. Penggunaan sistem pembayaran non-tunai semakin meningkat, mencapai 45,0 persen dari total volume transaksi pada tahun 2020, yang memperkuat posisi Indonesia sebagai pemain utama dalam industri fintech dan pembayaran non-tunai di Asia Tenggara. Penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, persepsi kebermanfaatan, pengaruh sosial, dan kesesuaian berpengaruh positif pada niat pengguna untuk menggunakan pembayaran non-tunai, sedangkan persepsi risiko berpengaruh negatif. Hasil penelitian juga menyoroti pentingnya promosi dan kesesuaian sebagai faktor kunci dalam mempengaruhi kemauan konsumen untuk mengadopsi metode pembayaran non-tunai.

Penelitian kuantitatif ini dilakukan menggunakan desain penelitian eksplanatori dengan data diambil dari 335 responden yang berpotensi menggunakan pembayaran non-tunai. Temuan penelitian menunjukkan bahwa promosi memiliki dampak signifikan pada persepsi kebermanfaatan, persepsi risiko, pengaruh sosial, dan kesesuaian. Namun, kesesuaian berperan sebagai mediator antara promosi dan niat pengguna untuk menggunakan pembayaran non-tunai. Informasi ini memberikan wawasan penting bagi perusahaan dan pelaku bisnis dalam mengarahkan strategi promosi dan kesesuaian agar berhasil meningkatkan adopsi pembayaran non-tunai di Indonesia.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 628/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekPromotion
Intention to use
Social influence
Compatibility
Perceived usefulness
Cashless payment
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 65 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?