Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
THE ROLE OF TECHNOLOGY
ADOPTION CAPABILITY AND
STRATEGY EXECUTION ON FIRM
PERFORMANCE: AN EMPIRICAL
STUDY IN THE FAST-MO...
DISERTASI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Disertasi

The Role of Technology Adoption Capability and Strategy Execution on Firm Performance: An Empirical Study in the Fast-Moving Consumer Goods Distribution Industry in Indonesia

Rizki Raksanugraha - ; Budi Widjaja Soetjipto (Pembimbing/Promotor) - ; Setyo Hari Wijanto (CoPromotor) - ; Avanti Fontana (Penguji) - ; Adi Zakaria Afiff (Penguji) - ; Elok Savitri Pusparini (Penguji) - ; Yuri Mansury (CoPromotor) - ; Omar Sjawaldy Anwar (Penguji) - ; RR Ratih Dyah Kusumastuti (Penguji) - ;

Upaya untuk meningkatkan layanan (service) sembari mengelola biaya telah menjadi obyek penelitian yang berkelanjutan dalam bidang manajemen rantai pasokan (supply chain). Adopsi teknologi dipandang sebagai salah satu solusi yang menjanjikan terhadap tantangan klasik pengorbanan antara layanan dan biaya (service vs cost trade-off). Namun demikian, perdebatan akademis mengenai peranan kapabilitas adopsi teknologi terhadap kinerja perusahaan masih inkonklusif. Penelitian yang berkesimpulan bahwa adopsi teknologi berdampak positif terhadap kinerja perusahaan diimbangi oleh penelitian yang menemukan hal yang sebaliknya. Penelitian empiris ini yang menjadikan industri distribusi sebagai fokus penelitian, di mana kinerja layanan dan biaya layanan (cost-to-serve) sangat penting, bertujuan menganalisa peranan kapabilitas adopsi teknologi terhadap kinerja perusahaan. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti peranan faktor pendahulu adopsi teknologi dan eksekusi strategi. Model yang diusulkan terdiri dari kapabilitas adopsi teknologi dan eksekusi strategi dengan pendekatan teknologi-organisasi-lingkungan (Technology-Organization-Environment—TOE) dan lingkungan kerja organisasi (Organizational Task Environment –OTE). Sampel penelitian terdiri dari 393 distributor independen dari sebuah perusahaan Indonesia di bidang barang konsumsi sehari-hari (fast-moving consumer goods). Hasil utama dari penelitian ini adalah bahwa adopsi teknologi sendiri tidak cukup untuk memberikan dampak positif terhadap kinerja perusahaan. Untuk mendapatkan manfaat yang optimum dari adopsi teknologi diperlukan eksekusi strategi. Penelitian ini tidak membahas konteks lokasi perusahaan sebagai faktor pembeda.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
D 576PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekSupply chain management
Firm performance
Organization Integration
Technology adoption capability
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 208 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikDisertasi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?