Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH ATRIBUSI KEGAGALAN
KO-KREASI NILAI TERHADAP
PERILAKU KELUHAN PELANGGAN
PADA LAYANAN RIDESOURCING
DISERTASI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Disertasi

Pengaruh Atribusi Kegagalan Ko-kreasi Nilai terhadap Perilaku Keluhan Pelanggan pada Layanan Ridesourcing

The Effect of Value Co-creation Failure Attribution on Customer Complain Behavior on Ridesourcing Services

Regina Deka Sofia - ; Adi Zakaria Afiff (Pembimbing/Promotor) - ; Rizal Edy Halim (Penguji) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Nurdin Sobari (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ; Chairy (Penguji) - ; Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (CoPromotor) - ;

Atribusi kegagalan merupakan salah satu bentuk evaluasi penting yang dilakukan pelanggan pasca kegagalan layanan serta memainkan peran yang signifikan dalam pembentukan emosi dan perilaku pelanggan. Independensi Mitra dan platform pada layanan SE menjadikan atribusi sumber penyebab kegagalan, menjadi signifikan perannya dalam pembentukan emosi dan perilaku keluhan pelanggan pasca kegagalan layanan berbasis sharing economy, selain atribusi keterkendalian dan severity of failure. Dimana ditemukan toleransi dan emosi positif yang berperan dalam bias positif evaluasi kegagalan layanan. Hingga kini belum banyak ditemukan penelitian yang mengulas kegagalan layanan pada layanan berbasis sharing economy, terutama terkait pembentukan emosi dan intensi perilaku pengajuan keluhan berbentuk negative word of mouth. Maka dengan menggunakan kerangka service dominant logic, teori cognitive appraisal dan teori atribusi, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh interaksi atribusi sumber penyebab dan keterkendalian serta severity of failure terhadap pembentukan empati sebagai emosi positif dan intensi pelanggan untuk memberikan rating buruk serta membentuk negative word of mouth. Penelitian ini juga akan menguji efektifitas empat alternatif upaya pemulihan layanan dalam menekan intensi pembentukan NWOM privat melalui mediasi persepsi keadilan dan kepuasan pasca co-recovery. Penelitian ini akan menggunakan metode eksperimen dengan mahasiswa sebagai partisipan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
D 578PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekRating
Sharing economy
Attribution
Empathy
Negative word of mouth
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvii, 324 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikDisertasi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?