Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
STRATEGI BERTAHAN UMKM DALAM
MENGHADAPI KRISIS EKONOMI
(STUDI KASUS PADA COFFEE
SHOP DI KOTA DAN KABUPATEN
BEKASI)
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Strategi Bertahan UMKM dalam Menghadapi Krisis Ekonomi (Studi Kasus pada Coffee Shop di Kota dan Kabupaten Bekasi)

Habil Indy Firestu - ; Mohamad Dian Revindo (Pembimbing/Promotor) - ; Muhammad Hanri (Penguji) - ; Yohanna M. L. Gultom (Penguji) - ;

Tesis ini membahas strategi bertahan UMKM yang bergerak pada bidang food and beverage dalam menghadapi krisis ekonomi akibat covid 19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi bertahan UMKM pada bidang food and beverage dalam menghadapi krisis ekonomi akibat Covid 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM di sektor food and beverage mampu bertahan dan bahkan berkembang positif setelah menghadapi krisis ekonomi akibat Covid-19. Pemilik kafe berhasil mengatasi tantangan dengan berkontribusi pada kegiatan amal, mengubah strategi bisnis, dan memanfaatkan media sosial serta transaksi digital. Saran yang diusulkan melibatkan pemerintah, dengan memberikan bantuan berupa edukasi, sosialisasi, dan program keuangan kepada pemilik UMKM, khususnya di bidang kafe. Kolaborasi dengan stakeholder yang mendukung pengembangan bisnis juga dianggap penting. Pemilik UMKM perlu memahami konsep transaksi digital dan memaksimalkan potensi aset serta peluang bisnis melalui platform media sosial. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan terkait strategi bertahan dan pengembangan UMKM di tengah kondisi krisis, serta memberikan rekomendasi untuk mendukung pertumbuhan UMKM di masa depan. Hasil penelitian menyarankan bahwa strategi resiliensi UMKM dan competitiveness mempengaruhi pengembangan bisnis secara berkelanjutan terhadap pelaku usaha yang bergerak pada bidang food and beverage setelah menghadapi krisis ekonomi akibat covid 19, dimana hal tersebut dapat dilihat dari respon para pemilik UMKM/Coffee shop untuk mengembangkan bisnis secara berkelanjutan, baik dalam bentuk mengganti fokus bisnis yang dijalani, sampai dengan memanfaatkan situasi krisis menjadi hal yang lebih positif, yang dapat bermanfaat tidak hanya bagi keuntungan dari para pemilik UMKM/Coffee shop, namun juga bermanfaat bagi sesama manusia dan lingkungan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 010/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: 2024
Edisi-
SubjekCompetitive strategy
Resilience
MSME
Survival strategy
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 89 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?