Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
APAKAH KEBIJAKAN INSENTIF
BBN KB MENINGKATKAN
KEPEMILIKAN KENDARAAN
LISTRIK BERBASIS BATERAI ?
STUDI KASUS INDONESIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Apakah Kebijakan Insentif BBN KB Meningkatkan Kepemilikan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai ? Studi Kasus Indonesia

Does The Incentive Policy on Motor Vehicle Transfer Fees Increase The Ownership Of Battery Electric Vehicles? Indonesia Case Study

Khoirunurrofik (Pembimbing/Promotor) - ; Yohanna M. L. Gultom (Penguji) - ; Risza Galas Ramadhan - ; Benedictus Raksaka Mahi (Penguji) - ;

Komitmen Indonesia pada tahun 2060 dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan terwujudnya net zero emission. Transisi kendaraan listrik pada sektor transportasi dengan energi terbarukan merupakan solusi untuk mengurangi emisi. Namun tingkat kepemilikan kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia masih rendah. Penelitian ini secara empiris membahas pengaruh kebijakan insentif BBN KB yang dirancang untuk mendorong kepemilikan kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia. Untuk mengetahui pengaruh dari kebijakan insentif BBN KB terhadap kepemilikan kendaraan listrik berbasis baterai, digunakan analisis data panel Moderated Regression Analysis (MRA) dengan teknik estimasi Pooled Ordinary Least Square (POLS) menggunakan data sekunder dari 34 provinsi di Indonesia sejak tahun 2019-2022. Hasil analisis menemukan bahwa kebijakan insentif BBN KB memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kepemilikan kendaraan listrik khususnya mobil listrik berbasis baterai di Indonesia. faktor jumlah infrastruktur pengisian daya (SPKLU), kepedulian konsumen, harga BBM dan tingkat pengangguran terbuka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepemilikan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Analisis di pulau jawa menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kepemilikan kendaraan mobil listrik berbasis baterai setelah kebijakan diterapkan, sementara pada non pulau jawa kebijakan insentif BBN KB menunjukkan dampak yang tidak signifikan terhadap peningkatan kepemilikan kendaraan listrik berbasis baterai khususnya roda 4.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 014/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Perencanaan Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uni 2024
Edisi-
SubjekIndonesia
Tax incentive
Battery Electric Vehicles
Motor vehicle transfer fees
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikx, 46 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?