Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH
ENTREPRENEURIAL ORIENTATION,
INNOVATION CAPABILITY, DAN
SOCIAL MEDIA ADOPTION
TERHADAP KINERJA USAHA K...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Analisis Pengaruh Entrepreneurial Orientation, Innovation Capability, dan Social Media Adoption terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah di Indonesia

Tita Yorinda - ; RR. Ratih Dyah Kusumastuti (Pembimbing/Promotor) - ; Elok Savitri Pusparini (Penguji) - ; Lily Sudhartio (Penguji) - ;

Di tengah perubahan signifikan dalam lingkungan bisnis akibat perkembangan teknologi dan pandemi Covid-19, pemilik bisnis perlu meningkatkan kemampuan mereka untuk menjadi adaptif dan tangguh. Entrepreneurial orientation mendorong organisasi untuk menerapkan innovation capability dan social media adoption untuk meningkatkan kinerja UKM. Pada penelitian terdahulu, entrepreneurial orientation berpengaruh Secara langsung terhadap social media adoption dan innovation capability, namun innovation capability juga didukung oleh dua antecedent, yaitu absorptive capacity dan organizational learning capability. Penelitian ini menganalisis kinerja UKM yang dipengaruhi oleh entrepreneurial orientation, innovation capability, dan social media adoption. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini menggunakan kuesioner survei kepada pemilik usaha dan pengelola UKM dan menerima 280 respon. Penelitian ini menggunakan PLS-SEM untuk menganalisis pengaruh dan kesesuaian antar variabel. Temuan penelitian ini adalah entrepreneurial orientation memilikı pengaruh langsung terhadap innovation capability dan social media adoption, antara kedua variabel tersebut, social media adoption lebih berpengaruh terhadap peningkatan kinerja UKM di Indonesia. Keterbatasan penelitian ini adalah penggunaan antecedent tunggal entrepreneurial orientation, penelitian selanjutnya dapat menambahkan antecedent lain dalam sudut pandang Manajemen Strategi.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 015/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekInnovation capability
Entrepreneurial orientation
SME performance
organizational learning capability
Absortive capability
Social media adoption
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 100 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?