Text
RLQ = a revolutionery way in learning qur'an : metode revolusioner dalam memahami al quran
Al-Qur'an telah memberikan dimensi baru terhadap ilmu pengetahuan, sebelum manusia menemukan dan menentukan teori-teori mengenai kehidupan dan pengetahuan. Lebih dari itu al-Qur'an merupakan pedoman bagi umat Islam. Karena keagungannya belum pernah ada dalam sejarah manusia untuk dapat menandinginya. Sementara sebagian besar umat Islam di Indonesia kemampuan pemahamannya terhadap al-Qur'an baru pada tahap membaca dalam bentuk tekstual Araby. Berangkat dari itu perlu ditanamkan repersepsi yang lebih intens, bahwa kemampuan membaca merupakan tahapan paling awal untuk mendekati dan mengakrabi al-Qur'an, selanjutnya adalah memahami arti dan isi al-Qur' an tersebut. Dari sinilah adanya metode terjemah RLQ (a Revolutionery way in Learning Qur'an) ialah metode revolusioner yang mudah dan cepat menuju khatam dan paham al Qur'an. Dengan metode ini kalangan yang belum paham bahasa Arab pun akan terasa mudah memahami al-Qur' an, sehingga menjadikan pribadi memiliki wawasan luas tentang Islam. Dari sinilah penulis tertarik untuk meneliti tentang korelasi antara pelaksanaan metode terjemah RLQ dengan kemampuan peserta dalam memahami arti al-Qur' an. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview, angket, tes, dan dokumentasi sebagai cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini. Setelah data terkumpul penulis menggunakan rumus prosentase untuk menjawab permasalahan tentang metode terjemah RLQ dan kemampuan peserta dalam memahami arti al-Qur'an. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara metode terjemah RLQ dengan kemampuan peserta dalam memahami arti al-Qur' an, penulis menggunakan rumus product moment yang nantinya hasil korelasi dari perhitungan rumus akan dikonsultasikan pada harga kritik product moment pada taraf signifikasi 1 % dan5 %. Hasil penelitian berkenaan dengan gambaran umum obyek penelitian, penyajian dan analisa data sebagai hasil dari proses pengumpulan data sebelumnya, serta pengujian hipotesis yang pada akhirnya menyimpulkan bahwa ada korelasi antara pelaksanaan metode terjemah RLQ dengan kemampun peserta dalam memahami arti al-Qur'an.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
297. 122 HAS r | PSB lt.1 - B. Penunjang | 1 |
Penerbit | Surabaya Graha Pustaka Media Utama., 2007 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Pembelajaran Alquran - Metode tematik |
ISBN/ISSN | 9799791121545 |
Klasifikasi | 297. 122 |
Deskripsi Fisik | xxi 298 p. : ill. ; 26 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |