Tesis
Evaluasi Peranan Konsultan Pajak Dalam Jasa Pendampingan Proses Pemeriksaan Pajak
Pada proses pemeriksaan pajak, pemeriksa pajak mengharuskan wajib pajak yang diperiksa untuk memberikan akses terhadap informasi wajib pajak yang relevan dan mendapatkan kerja sama dari wajib pajak yang terlibat dengan pemeriksa pajak. Tuntutan wajib pajak tersebut memberikan alasan sebagian besar wajib pajak cenderung memilih untuk menggunakan jasa pelayanan Konsultan Pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kualitas pelayanan, harga dan manfaat konsultan pajak dalam perannya pada jasa proses pendampingan pemeriksaan pajak sehingga memberikan kepuasan terhadap klien. Evaluasi dilakukan berdasarkan model Kualitas Pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan dilakukan dengan triangulasi. Dalam penelitian ini, metode triangulasi dilakukan dengan melakukan survey/kuesioner wajib pajak (klien konsultan pajak) dan wawancara konsultan pajak. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa jasa pendampingan pemeriksaan pajak secara keseluruhan memberikan kepuasan kepada klien. Hal ini didasarkan kepada kemampuan konsultan pajak dalam membantu klien dalam mendampingi pemeriksaan pajaknya. Namun, terdapat ketidaksetujuan beberapa klien atas masing-masing indikator. Melakukan pembenahan yang sesuai agar perencanaan pemeriksaan menjadi lebih sesuai dengan kebutuhan dan harapan klien, meningkatkan komunikasi yang baik dengan pemeriksa pajak begitu juga hadir dengan bukti yang solid dan argumentasi hukum yang kuat, dan juga meningkatkan komunikasi dengan klien untuk memastikan bahwa ekspektasi dan persepsi mereka dipahami dengan baik, menjadi rekomendasi yang diusulkan untuk meningkatkan kepuasan klien terhadap konsultan pajak pada jasa pendampingan proses pemeriksaan pajak.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 069/24 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Service quality Tax audit Satisfaction Tax consultant Price Dimension Cost-Benefit |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 130 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |