Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH INFORMATIONAL
DETERMINANTS, PERSONAL
DETERMINANTS, DAN NEGATIVE
REVIEWS TERHADAP PURCHASE
INTENTION DALAM APLIK...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2022
Request Access

Tesis

Pengaruh Informational Determinants, Personal Determinants, dan Negative Reviews terhadap Purchase Intention dalam Aplikasi Traveling

Audry Dwithabakti Tungki - ; Tengku Ezni Balqiah (Pembimbing/Promotor) - ; Triana Rahajeng Hadiprawoto (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ;

Aplikasi traveling efektif digunakan untuk mencari informasi dan membeli produk wisata. Online review adalah sumber informasi paling berpengaruh dalam industri pariwisata. Studi ini menganalisis pengaruh faktor eWOM: informational determinants (perceived eWOM usefulness dan perceived eWOM credibility of online reviews), personal determinants (using experience of eWOM dan product involvement), serta effects of negative reviews (perceived diagnosticity of negative reviews dan negative review impression) terhadap purchase intention dalam aplikasi traveling dengan beberapa variabel mediasi (attitude terhadap online review, attitude terhadap produk, attitude terhadap brand, dan eWOM adoption). Penelitian ini menggunakan Information Adoption Model. Terdapat 356 respon yang dikumpulkan melalui survei online dengan purposive sampling. Structural Equation Modeling digunakan untuk menganalisis 17 hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya perceived credibility of online review tidak memiliki dampak tidak langsung terhadap purchase intention. Penelitian ini menunjukkan pentingnya peran attitude konsumen dan adopsi eWOM sebagai variabel mediasi dalam meningkatkan purchase intention. Penelitian ini memberikan kontribusi kepada industri, khususnya pengelola aplikasi traveling untuk mengatur strategi eWOM dan penyedia produk perjalanan dalam mengelola aktivitas mereknya.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 166/22PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2022
Edisi-
SubjekConsumer attitudes
Purchase intention
Online Reviews
EWOM
Informational determinants
Personal determinants
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 139 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?