Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH
ENTREPRENEURIAL SELF
EFFICACY DAN OPPORTUNITY
RECOGNITION TERHADAP INTENSI
BERWIRAUSAHA YANG
DIMODERAS...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2021
Request Access

Tesis

Analisis Pengaruh Entrepreneurial Self Efficacy dan Opportunity Recognition Terhadap Intensi Berwirausaha yang Dimoderasi Oleh Subjective Norms dan Perceived Behavioral Control pada Mantan Pekerja Migran di Indonesia

Muhammad Syaiful Panigoro - ; Aryana Satrya (Pembimbing/Promotor) - ; Fanny Martdianty (Penguji) - ; Manerep Pasaribu (Penguji) - ;

Pentingnya pekerja migran bagi perekonomian Indonesia dapat dilihat dari banyaknya remitansi yang diberikan oleh mereka selama bekerja di luar negeri. Namun, ketika mereka kembali ke Indonesia, sangat sedikit yang menggunakan pendapatan mereka saat bekerja di luar negeri untuk memulai bisnis di kampung halaman mereka. Penelitian ini akan menganalisis pengaruh yang paling signifikan bagi pekerja migran pasca kerja untuk mulai berwirausaha di kampung halamannya. Untuk mengetahui pengaruh opportunity recognition dan entrepreneurial self-efficacy terhadap intensi berwirausaha para mantan pekerja migran Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji peran moderasi subjective norms dan perceived behavioral control terhadap hubungan antara opportunity recognition, entrepreneurial self-efficacy dan intensi berwirausaha. Data dikumpulkan dari 302 responden para mantan pekerja migran Indonesia yang tinggal di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur pada Juni 2020. Analisis regresi hierarki digunakan untuk menguji efek moderasi dan hipotesis yang diajukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa opportunity recognition berpengaruh positif signifikan terhadap niat berwirausaha, tetapi entrepreneurial self-efficacy tidak berpengaruh terhadap niat berwirausaha. Di sisi lain, subjective norms memiliki pengaruh terhadap hubungan antara opportunity recognition dan intensi berwirausaha. namun tidak untuk entrepreneurial self-efficacy. Sedangkan perceived behavioral control tidak memiliki pengaruh terhadap hubungan antara opportunity recognition, entrepreneurial self-efficacy dan intensi berwirausaha.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 145/21PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2021
Edisi-
SubjekSubjective norms
Opportunity recognition
Perceived Behavioral Control
Entrepreneurial Intention
Entrepreneurial self-efficacy
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 94 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?