Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH DIMENSI BRAND
PERSONALITY PADA SELF
CONGRUITY DAN FUNCTIONAL
CONGRUITY TERHADAP BRAND
ATTIDUDE: STUDI PENGGUNA ...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2021

Tesis

Pengaruh Dimensi Brand Personality pada Self Congruity dan Functional Congruity Terhadap Brand Attidude: Studi Pengguna Jaklingko

Eldo Steven Markus Simanjuntak - ; Anna Amalyah Agus (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ; Yeshika Alversia (Penguji) - ;

Kebutuhan sarana transportasi umum merupakan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Brand personality memainkan peran kunci dalam psikologi merek sehingga dapat membentuk identitas merek. Konsumen cendrung mengekspresikan citra diri mereka melalui kepribadian merek dalam mendorong keputusan pembelian. Berdasarkan teori kesesuaian dan analisis dari moda transportasi dibawah Jaklingko, penelitian ini mengungkapkan berbagai peran yang dimainkan oleh kepribadian merek dalam mendorong pilihannya. Khususnya, konsumen cendrung mengekspresikan self congruity melalui dimensi brand personality yang dikenal dengan aggressiveness dan emotionality, dan simplicity dan responsibility untuk mengevaluasi seberapa konsisten functional congruity yang dirasakan konsumen. Sampel penelitian ini terdiri atas 626 pengguna aktif Jaklingko di Indonesia sebagai responden dalam penelitian ini. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan structural equation modeling-partial least squares (SEM-PLS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua dimensi brand personality kecuali simplicity berpengaruh positif terhadap functional congruity dan self congruity. Hasil pengujian moderasi menunjukkan bahwa traveling purpose tidak memperkuat hubungan self congruity maupun functional congruity terhadap brand attitude. Penelitian ini menawarkan perusahaan pengembang jasa transportasi pemahaman yang lebih baik tentang dimensi brand personality yang berpengaruh terhadap persepsi konsumen atau memperkuat merek perusahaan dalam fungsinya sehingga dapat meningkatkan utilitas masing-masing dimensi.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 147/21PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2021
Edisi-
SubjekPublic transport
Brand attitude
Self congruity
Functional Congruity
Brand Personality dimensions
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 91 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?