Disertasi
The Role of Resource Structuring, Marketing, and Networking Capabilities in Forming DMO Orchestration Capability toward Sustainable Value Creation
Kinerja strategis destinasi hanya dapat dicapai melalui keberhasilan Organisasi Pengelola Destinasi (OPD) dalam mengelola sumber daya dan kemampuan destinasi. Pada saat yang sama, destinasi pariwisata menghadapi berbagai tekanan kekuatan lingkungan yang mendorong terjadinya berbagai perubahan. OPD merupakan elemen utama pembentuk daya saing destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pembentukan kemampuan orkestrasi OPD untuk mencapai penciptaan nilai yang berkelanjutan dalam pengaruh tekanan kekuatan lingkungan. Kemampuan orkestrasi mencerminkan kemampuan manajemen destinasi dalam membangun serangkaian penyusunan, penggabungan, peningkatan manfaat sumber daya destinasi sehingga mencapai tujuan penciptaan nilai berkelanjutan destinasi. OPD didefinisikan sebagai organisasi yang mengelola destinasi dan bertanggung jawab atas keberhasilan destinasi. Penelitian ini menggunakan metode SEM dengan melibatkan sampel 153 OPD di Indonesia, diperkaya dengan wawancara mendalam pasca survey sebanyak 74 OPD. Temuan baru dari penelitian ini secara empiris menjelaskan bahwa integrasi tiga kemampuan inti yaitu penyusunan sumber daya, pemasaran dan berjejaring akan membentuk kemampuan orkestrasi OPD untuk mencapai kinerja penciptaan nilai berkelanjutan dalam tekanan kekuatan lingkungan. Selanjutnya kemampuan pemasaran dan berjejaring memediasi kemampuan penyusunan sumber daya dalam mencapai kinerja destinasi. Di antara kemampuan orkestrasi, kemampuan berjejaring menjadi mediator kritikal menuju penciptaan nilai berkelanjutan. Kekuatan lingkungan secara nyata mempengaruhi pengelolaan destinasi, kecuali kemampuan pemasaran yang disebabkan adanya keadaan khusus dalam konteks penelitian. Kontribusi signifikan dari penelitian ini antara lain penerapan teori orkestrasi sumber daya untuk menjawab pertanyaan utama mengenai pembentukan kemampuan terintegrasi sehingga OPD mampu melakukan orkestrasi destinasi untuk mencapai kinerja yang unggul. Hanya menguasai dan menerapkan salah satu pilar kemampuan ini, atau mengabaikan salah satu dari tiga pilar kemampuan tersebut, akan memperbesar risiko kegagalan pengelolaan destinasi dalam kinerja penciptaan nilai berkelanjutan. Konteks penelitian adalah Negara Republik Indonesia, sebagai negara berkembang dengan peningkatan pesat di sektor Pariwisata sehingga memberikan relevansi yang penting terhadap penelitian ini
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
D 603 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Resource Orchestration marketing capability networking capability Destination Management Organization (DMO) Environmental Forces Resource Structuring Sustainable Value Creation |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xxi, 380 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Disertasi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |