Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
THE ROLE OF RESOURCE
STRUCTURING, MARKETING, AND
NETWORKING CAPABILITIES IN
FORMING DMO ORCHESTRATION
CAPABILITY TOWARD ...
DISERTASI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Disertasi

The Role of Resource Structuring, Marketing, and Networking Capabilities in Forming DMO Orchestration Capability toward Sustainable Value Creation

Boy Bayu Idisondjaja - ; Sari Wahyuni (Pembimbing/Promotor) - ; Yasmine Nasution (Penguji) - ; Adi Zakaria Afiff (Penguji) - ; Setyo Hari Wijanto (Penguji) - ; Lily Sudhartio (Penguji) - ; Tengku Ezni Balqiah (Penguji) - ; Harris Turino Kurniawan (CoPromotor) - ;

Kinerja strategis destinasi hanya dapat dicapai melalui keberhasilan Organisasi Pengelola Destinasi (OPD) dalam mengelola sumber daya dan kemampuan destinasi. Pada saat yang sama, destinasi pariwisata menghadapi berbagai tekanan kekuatan lingkungan yang mendorong terjadinya berbagai perubahan. OPD merupakan elemen utama pembentuk daya saing destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pembentukan kemampuan orkestrasi OPD untuk mencapai penciptaan nilai yang berkelanjutan dalam pengaruh tekanan kekuatan lingkungan. Kemampuan orkestrasi mencerminkan kemampuan manajemen destinasi dalam membangun serangkaian penyusunan, penggabungan, peningkatan manfaat sumber daya destinasi sehingga mencapai tujuan penciptaan nilai berkelanjutan destinasi. OPD didefinisikan sebagai organisasi yang mengelola destinasi dan bertanggung jawab atas keberhasilan destinasi. Penelitian ini menggunakan metode SEM dengan melibatkan sampel 153 OPD di Indonesia, diperkaya dengan wawancara mendalam pasca survey sebanyak 74 OPD. Temuan baru dari penelitian ini secara empiris menjelaskan bahwa integrasi tiga kemampuan inti yaitu penyusunan sumber daya, pemasaran dan berjejaring akan membentuk kemampuan orkestrasi OPD untuk mencapai kinerja penciptaan nilai berkelanjutan dalam tekanan kekuatan lingkungan. Selanjutnya kemampuan pemasaran dan berjejaring memediasi kemampuan penyusunan sumber daya dalam mencapai kinerja destinasi. Di antara kemampuan orkestrasi, kemampuan berjejaring menjadi mediator kritikal menuju penciptaan nilai berkelanjutan. Kekuatan lingkungan secara nyata mempengaruhi pengelolaan destinasi, kecuali kemampuan pemasaran yang disebabkan adanya keadaan khusus dalam konteks penelitian. Kontribusi signifikan dari penelitian ini antara lain penerapan teori orkestrasi sumber daya untuk menjawab pertanyaan utama mengenai pembentukan kemampuan terintegrasi sehingga OPD mampu melakukan orkestrasi destinasi untuk mencapai kinerja yang unggul. Hanya menguasai dan menerapkan salah satu pilar kemampuan ini, atau mengabaikan salah satu dari tiga pilar kemampuan tersebut, akan memperbesar risiko kegagalan pengelolaan destinasi dalam kinerja penciptaan nilai berkelanjutan. Konteks penelitian adalah Negara Republik Indonesia, sebagai negara berkembang dengan peningkatan pesat di sektor Pariwisata sehingga memberikan relevansi yang penting terhadap penelitian ini


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
D 603PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekResource Orchestration
marketing capability
networking capability
Destination Management Organization (DMO)
Environmental Forces
Resource Structuring
Sustainable Value Creation
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxxi, 380 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikDisertasi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?