Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH INTRINSIC
MOTIVATIONS DAN SHOPPING
ENGAGEMENT TERHADAP
INTENTION TO BUY PENGGUNA
APLIKASI TOKOPEDIA DAN
SHOPEE:...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Pengaruh Intrinsic Motivations dan Shopping Engagement terhadap Intention to Buy Pengguna Aplikasi Tokopedia dan Shopee: Studi pada Generasi Milenial dan Generasi Z

The Influence of Intrinsic Motivations and Shopping Engagement on Intention to Buy Users of Tokopedia and Shopee Applications: Study on the Millennials and Gen Z

Saverio Davin Ditasyah Riyandi Putra - ; Sumiyarto (Pembimbing/Promotor) - ; Ira Iriyanty (Penguji) - ; Triana Rahajeng Hadiprawoto (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi intrinsik dan keterlibatan berbelanja terhadap niat beli pengguna aplikasi Tokopedia dan Shopee, khususnya pada generasi Milenial dan Gen Z di Indonesia. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini mengkaji variabel-variabel seperti hopping gamification, focused attention, shopping enjoyment, dan socialness yang dikategorikan sebagai
motivasi intrinsik. Pengaruh dari variabel-variabel ini terhadap shopping engagement dan
intention to buy using mobile apps juga dieksplorasi. Selanjutnya, penelitian ini mengumpulkan data melalui survei daring terhadap 210 responden, dan dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar hipotesis didukung oleh data, kecuali pengaruh focused attention terhadap shopping engagement yang tidak signifikan. Penelitian ini memberikan wawasan baru
tentang perilaku konsumen online dan strategi pemasaran yang efektif untuk e-commerce.
Selain itu, penelitian ini juga menyoroti peran langsung previous online shopping experience terhadap intention to buy using mobile apps, di mana hasilnya menunjukkan pengaruh positif. Namun, ketika previous online shopping experience berperan sebagai moderasi antara shopping engagement dan intention to buy using mobile apps, hasilnya menunjukkan pengaruh yang melemahkan. Implikasi manajerial dari temuan ini dapat membantu pengelola e-commerce dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dengan memanfaatkan motivasi intrinsik dan keterlibatan berbelanja untuk meningkatkan niat beli pengguna.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 14730PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekEngagement
Gamification
Mobile shopping
Previous online shopping experience
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 117 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?