Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH MOTIVASI E-TAILER
INDONESIA TERHADAP INTENSI
PENGGUNAAN KEMASAN
PENGIRIMAN RAMAH LINGKUNGAN
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Pengaruh Motivasi E-tailer Indonesia Terhadap Intensi Penggunaan Kemasan Pengiriman Ramah Lingkungan

Alyssa Rahmawardhani Wijaya - ; Anna Amalyah Agus (Pembimbing/Promotor) - ; Ira Iriyanty (Penguji) - ; Aswin Dewanto Hadisumarto (Penguji) - ;

Tren belanja online memicu lonjakan penjualan ritel online (e-tailing) dan sampah kemasan pengiriman yang menyertainya. Belanja online menghasilkan sampah kemasan 4,8 kali lebih banyak dibandingkan toko fisik karena produk memerlukan proteksi dari resiko kerusakan selama pengiriman. Sampah kemasan pengiriman konvensional berbahaya bagi lingkungan karena umumnya berbahan dasar plastik yang berkelanjutan. Sebagian besar studi mengenai penggunaan kemasan ramah lingkungan menggunakan perspektif konsumen. Padahal, penjual selaku pihak yang mengemas produk memiliki memiliki peran yang lebih strategis sebagai agent of change dalam penggunaan kemasan pengiriman ramah lingkungan. Penelitian ini menguji beberapa motivasi yang mungkin berpengaruh bagi e-tailer Indonesia melalui pendekatan goal-framing theory serta menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Dari 254 responden yang terkumpul, hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived reliability, willingness to pay, environmental concerns, hedonic motives, dan personal innovativeness memberikan pengaruh positif terhadap intention to use kemasan pengiriman ramah lingkungan. Namun, subjective norms tidak berpengaruh terhadap intention to use kemasan pengiriman ramah lingkungan. Selain itu, peneliti juga melakukan analisis multigroup untuk melihat perbedaan pengaruh motivasi pada produk high involvement dan low involvement. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pembuat kebijakan dan pelaku industri, sehingga mendorong terciptanya ekosistem ritel online yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab di Indonesia.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 14741PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekSustainability
Online retail
Eco-friendly Shipping Packaging
E-tailer
Goal-framing Theory
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 112 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?