Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI INTENSI ADOPSI
MOTOR LISTRIK PADA
MASYARAKAT DI DAERAH
JABODETABEK
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi adopsi motor listrik pada masyarakat di daerah Jabodetabek

Taufiq Ainun Najib - ; Hapsari setyowardhani (Penguji) - ; Lenny Suardi (Penguji) - ; RR. Ratih Dyah Kusumastuti (Penguji) - ;

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh pengalaman, sikap dan persepsi konsumen terhadap intensi untuk mengadopsi motor listrik. Kendaraan motor listrik sangat efektif mengurangi ketergantungan bahan bakar fosil sehingga pencemeran lingkungan (CO2) dapat dikurangi. Berdasarkan kerangka stimuls-organism-response (SOR), penelitian ini bertujauan untuk mengeksplorasi apakah pengalaman berkendara motor listrik dapat mempengaruhi kognisi dan emosi konsumen (perceived relative advantage, perceive ease of use, perceive risk) untuk mengadopsi motor listrik. Peneliti mendapatkan 112 responden di daerah Jabodetabek yang melakukan test-drive motor Listrik, dan kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan partial least square-structural equation modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengalaman berkendara motor listrik tidak secara langsung mempengaruhi intensi konsumen untuk mengadopsi motor Listrik, akan tetapi, mendorong intensi adopsi motor listrik melalui perceived perceived relative advantage, perceived ease of use, dan perceived risk dari adopsi tersebut. Hasil penelitian ini membantu mengidentifikasi faktor-faktor penting yang mampu meningkatkan intensi konsumen untuk mengadopsi motor listrik.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 14824PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekPerceived risk
Perceived Ease Of Use
Driving Experience
Intensi Adopsi
Perceived Relative Advantage
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 71 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?