Skripsi
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi adopsi motor listrik pada masyarakat di daerah Jabodetabek
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh pengalaman, sikap dan persepsi konsumen terhadap intensi untuk mengadopsi motor listrik. Kendaraan motor listrik sangat efektif mengurangi ketergantungan bahan bakar fosil sehingga pencemeran lingkungan (CO2) dapat dikurangi. Berdasarkan kerangka stimuls-organism-response (SOR), penelitian ini bertujauan untuk mengeksplorasi apakah pengalaman berkendara motor listrik dapat mempengaruhi kognisi dan emosi konsumen (perceived relative advantage, perceive ease of use, perceive risk) untuk mengadopsi motor listrik. Peneliti mendapatkan 112 responden di daerah Jabodetabek yang melakukan test-drive motor Listrik, dan kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan partial least square-structural equation modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengalaman berkendara motor listrik tidak secara langsung mempengaruhi intensi konsumen untuk mengadopsi motor Listrik, akan tetapi, mendorong intensi adopsi motor listrik melalui perceived perceived relative advantage, perceived ease of use, dan perceived risk dari adopsi tersebut. Hasil penelitian ini membantu mengidentifikasi faktor-faktor penting yang mampu meningkatkan intensi konsumen untuk mengadopsi motor listrik.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 14824 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Perceived risk Perceived Ease Of Use Driving Experience Intensi Adopsi Perceived Relative Advantage |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xi, 71 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |