Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
THE EFFECT OF HESITATION AT
CHECKOUT TOWARDS SHOPPING
CART ABANDONMENT ON MOBILE
SHOPPING COMMERCE WITHIN
GENERATION Z C...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

The Effect of Hesitation at Checkout Towards Shopping Cart Abandonment on Mobile Shopping Commerce Within Generation Z Consumers in Jabodetabek

Dampak Keraguan saat Checkout pada Shopping Cart Abandonment di Platform Mobile Commerce pada Konsumen Generasi Z di Wilayah Jabodetabek

Mutiara Nandhiaty - ; Ira Iriyanty (Pembimbing/Promotor) - ; Rizal Edy Halim (Penguji) - ; Agung Nugroho (Penguji) - ;

Penelitian kuantitatif ini menganalisis hubungan antara Attribute Conflicts, Self-Efficacy, Emotional Ambivalence, Hesitation at Checkout, Subjective Norms, Attitude, Perceived Behavioral Control, Choice-Process Satisfaction, danShopping Cart Abandonment pada konsumen Generasi Z (Gen Z) di Jabodetabek. Dikarenakan kemajuan teknologi, perilaku belanja konsumen berubah dengan cepat, terutama bagi Gen Z yang fasih teknologi. Namun, proses belanja melalui ponsel seringkali terhambat dikarenakan Shopping Cart Abandonment. Penelitian ini akan menganalisis fenomena tersebut dengan menggunakan cognition-affect-behavior paradigm dan theory of planned behavior sebagai dasarnya. Data yang digunakan dikumpulkan dari kuesioner online yang diisi oleh konsumen Gen Z, lahir antara tahun 1997-2007 di wilayah Jabodetabek Indonesia, yang telah memanfaatkan mobile shopping dalam tiga bulan sebelumnya. Data yang terkumpul dari 271 responden dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Shopping Cart Abandonment dipengaruhi secara signifikan oleh Hesitation at Checkout, Choice-Process Satisfaction, dan Subjective Norms dalam urutan signifikansi. Ditemukan juga bahwa Hesitation at Checkoutdipengaruhi secara signifikan oleh Emotional Ambivalence. Emotional Ambivalence juga ditemukan dipengaruhi secara signifikan oleh Subjective Norms, Attitude, dan Perceived Behavioral Control. Temuan ini memberikan wawasan berharga mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi Shopping Cart Abandonment pada perangkat ponsel Gen Z di Jabodetabek. Hasil penelitian ini akan membantu bisnis dan platform yang menyasar pelanggan Gen Z.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 14827PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekMobile commerce
Shopping Cart Abandonment
Cognition-Affect-Behavior Paradigm
Theory of Planned Behavior
Purchase Hesitation
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikx, 115 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?