Skripsi
The Effect of Hesitation at Checkout Towards Shopping Cart Abandonment on Mobile Shopping Commerce Within Generation Z Consumers in Jabodetabek
Penelitian kuantitatif ini menganalisis hubungan antara Attribute Conflicts, Self-Efficacy, Emotional Ambivalence, Hesitation at Checkout, Subjective Norms, Attitude, Perceived Behavioral Control, Choice-Process Satisfaction, danShopping Cart Abandonment pada konsumen Generasi Z (Gen Z) di Jabodetabek. Dikarenakan kemajuan teknologi, perilaku belanja konsumen berubah dengan cepat, terutama bagi Gen Z yang fasih teknologi. Namun, proses belanja melalui ponsel seringkali terhambat dikarenakan Shopping Cart Abandonment. Penelitian ini akan menganalisis fenomena tersebut dengan menggunakan cognition-affect-behavior paradigm dan theory of planned behavior sebagai dasarnya. Data yang digunakan dikumpulkan dari kuesioner online yang diisi oleh konsumen Gen Z, lahir antara tahun 1997-2007 di wilayah Jabodetabek Indonesia, yang telah memanfaatkan mobile shopping dalam tiga bulan sebelumnya. Data yang terkumpul dari 271 responden dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Shopping Cart Abandonment dipengaruhi secara signifikan oleh Hesitation at Checkout, Choice-Process Satisfaction, dan Subjective Norms dalam urutan signifikansi. Ditemukan juga bahwa Hesitation at Checkoutdipengaruhi secara signifikan oleh Emotional Ambivalence. Emotional Ambivalence juga ditemukan dipengaruhi secara signifikan oleh Subjective Norms, Attitude, dan Perceived Behavioral Control. Temuan ini memberikan wawasan berharga mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi Shopping Cart Abandonment pada perangkat ponsel Gen Z di Jabodetabek. Hasil penelitian ini akan membantu bisnis dan platform yang menyasar pelanggan Gen Z.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 14827 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Mobile commerce Shopping Cart Abandonment Cognition-Affect-Behavior Paradigm Theory of Planned Behavior Purchase Hesitation |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | x, 115 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |