Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
THE IMPACT OF BEHAVIORAL
FACTORS AND INDONESIAN
CULTURAL DIMENSIONS IN
INFLUENCING GENERATIONAL Z
AND MILLENNIALS’ INVES...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

The Impact of Behavioral Factors and Indonesian Cultural Dimensions in Influencing Generational Z and Millennials’ Investment Decision-Making in the Indonesian Stock Exchange

Rania Aryaputri Satwika - ; Maria Ulpah (Pembimbing/Promotor) - ; Lenny Suardi (Penguji) - ; Dwi Nastiti Danarsari (Penguji) - ;

Terdapat peningkatan signifikan dalam jumlah investor Generasi Z dan Milenial di Indonesia, sebuah tren yang didorong oleh meningkatnya literasi keuangan di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya pendidikan dan kesadaran finansial, semakin banyak generasi muda Indonesia yang memiliki pengetahuan tentang peluang investasi dan berpartisipasi aktif di Bursa Efek Indonesia. Oleh karena itu, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan investasi Generasi Z dan Milenial sangat penting bagi lembaga keuangan dan pembuat kebijakan. Penelitian ini menyelidiki faktor perilaku dan budaya yang mempengaruhi keputusan investasi Generasi Z dan Milenial di Indonesia, pada usia 17 hingga 43 tahun dan mengumpulkan 230 responden. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan analisis data dengan menggunakan software SmartPLS 4 dan SPSS 26, serta menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode non-probability sampling menggunakan kuesioner yang dikelola sendiri dengan purposive sampling. Peneliti menggunakan metode analisis data Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk memahami hubungan antar konstruk. Berdasarkan penelitian ini, investor sentiment dan Indonesian cultural factors mempunyai pengaruh positif terhadap pengambilan keputusan investasi. Selain itu, salah satu behavioral bias, herding behavior juga mempunyai pengaruh positif terhadap pengambilan keputusan investasi. Namun behavioral bias lain yang diteliti dalam penelitian ini yaitu overconfidence, tidak memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi Generasi Z dan Milenial.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 14908PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekMillennials
Generation Z
Overconfidence
Cultural dimensions
Investor sentiment
Herding behavior
behavioral biases
Investment Decision Making
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 118 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?