The Impact of Behavioral Factors and Indonesian Cultural Dimensions in Influencing Generational Z and Millennials’ Investment Decision-Making in the Indonesian Stock Exchange
Terdapat peningkatan signifikan dalam jumlah investor Generasi Z dan Milenial di Indonesia, sebuah tren yang didorong oleh meningkatnya literasi keuangan di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya pendidikan dan kesadaran finansial, semakin banyak generasi muda Indonesia yang memiliki pengetahuan tentang peluang investasi dan berpartisipasi aktif di Bursa Efek Indonesia. Oleh karena itu, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan investasi Generasi Z dan Milenial sangat penting bagi lembaga keuangan dan pembuat kebijakan. Penelitian ini menyelidiki faktor perilaku dan budaya yang mempengaruhi keputusan investasi Generasi Z dan Milenial di Indonesia, pada usia 17 hingga 43 tahun dan mengumpulkan 230 responden. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan analisis data dengan menggunakan software SmartPLS 4 dan SPSS 26, serta menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode non-probability sampling menggunakan kuesioner yang dikelola sendiri dengan purposive sampling. Peneliti menggunakan metode analisis data Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk memahami hubungan antar konstruk. Berdasarkan penelitian ini, investor sentiment dan Indonesian cultural factors mempunyai pengaruh positif terhadap pengambilan keputusan investasi. Selain itu, salah satu behavioral bias, herding behavior juga mempunyai pengaruh positif terhadap pengambilan keputusan investasi. Namun behavioral bias lain yang diteliti dalam penelitian ini yaitu overconfidence, tidak memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi Generasi Z dan Milenial.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 14908 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Tidak tersedia versi lain