Skripsi
Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Street Food Buying Behavior dengan Religiosity sebagai Moderasi: Pendekatan the Extended Theory of Planned Behavior
Dalam beberapa waktu terakhir, permintaan akan makanan yang disajikan di jalanan semakin meningkat. Namun, dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan dan kehalalan makanan, perilaku membeli street food juga dipengaruhi oleh berbagai faktor psikologis dan sosial. Di sisi lain, seorang muslim diwajibkan untuk mengonsumsi makanan halal dan thayyib. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian street food di kalangan Generasi Milenial dan Z Muslim di Jabodetabek dengan religiositas sebagai moderasi. Pendekatan The Extended Theory of Planned Behavior (TPB) digunakan dalam penelitian ini. Data primer dikumpulkan melalui survei online dengan mengajukan kuesioner kepada 208 responden. Analisis data menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS 3.0 untuk menguji hipotesis-hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa food safety concern dan health consciousness tidak berpengaruh signifikan, baik terhadap attitude towards behavior maupun street food purchase intention. Di sisi lain, faktor utama TPB, yakni attitude towards behavior, subjective norms, dan perceived behavioral control beserta halal awareness berpengaruh signifikan dan positif terhadap street food purchase intention. Street food purchase intention sendiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap buying behavior. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi pedagang kaki lima dan pemangku kepentingan untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 14915 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Religiosity Street Food the Extended Theory of Planned Behavior Street Food Purchase Intention Street Food Buying Behavior |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xviii, 182 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |