Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMENGARUHI STREET FOOD
BUYING BEHAVIOR DENGAN
RELIGIOSITY SEBAGAI
MODERASI: PENDEKATAN THE ...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Street Food Buying Behavior dengan Religiosity sebagai Moderasi: Pendekatan the Extended Theory of Planned Behavior

Haya Huwaidah - ; Karto Adiwijaya (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Daryanti (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ;

Dalam beberapa waktu terakhir, permintaan akan makanan yang disajikan di jalanan semakin meningkat. Namun, dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan dan kehalalan makanan, perilaku membeli street food juga dipengaruhi oleh berbagai faktor psikologis dan sosial. Di sisi lain, seorang muslim diwajibkan untuk mengonsumsi makanan halal dan thayyib. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian street food di kalangan Generasi Milenial dan Z Muslim di Jabodetabek dengan religiositas sebagai moderasi. Pendekatan The Extended Theory of Planned Behavior (TPB) digunakan dalam penelitian ini. Data primer dikumpulkan melalui survei online dengan mengajukan kuesioner kepada 208 responden. Analisis data menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS 3.0 untuk menguji hipotesis-hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa food safety concern dan health consciousness tidak berpengaruh signifikan, baik terhadap attitude towards behavior maupun street food purchase intention. Di sisi lain, faktor utama TPB, yakni attitude towards behavior, subjective norms, dan perceived behavioral control beserta halal awareness berpengaruh signifikan dan positif terhadap street food purchase intention. Street food purchase intention sendiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap buying behavior. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi pedagang kaki lima dan pemangku kepentingan untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 14915PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekReligiosity
Street Food
the Extended Theory of Planned Behavior
Street Food Purchase Intention
Street Food Buying Behavior
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxviii, 182 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?