Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN
TERHADAP GREEN PURCHASE
BEHAVIOR KONSUMEN DI AREA
JABODETABEK
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Pengaruh Faktor Lingkungan Terhadap Green Purchase Behavior Konsumen di Area Jabodetabek

Ahmad Rafi Agus Salim - ; Agung Nugroho (Pembimbing/Promotor) - ; Ira Iriyanty (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ;

Pencemaran lingkungan berupa polusi udara dan limbah domestik terjadi di Jabodetabek pada tahun 2023. Hal ini pun berpengaruh terhadap pola konsumsi konsumen terutama pada perilaku pembelian. Berdasarkan fenomena ini, sebuah studi empiris telah meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi green purchase behavior (GPB) konsumen. Studi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan survei yang dibagikan kepada 196 konsumen generasi Z dan milenial di area Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan structural equation model (SEM). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa green purchase behavior (GPB) secara langsung dipengaruhi oleh tanggung jawab lingkungan (TL), kesadaran konsekuensi (KK), dan sikap terhadap lingkungan (SL), namun tidak dipengaruhi secara langsung oleh perhatian lingkungan (PL) dan norma subjektif (NS). Akan tetapi, norma subjektif (NS) yang dimediasi oleh sikap terhadap lingkungan (SL) berpengaruh signifikan terhadap green purchase behavior (GPB). Penelitian ini memberikan informasi untuk bidang akademis dan terapan dengan memberikan wawasan terkait faktor-faktor yang berpengaruh positif terhadap green purchase behavior konsumen di area Jabodetabek.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 14922PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekEnvironmental responsibility
Subjective norms
Environmental Attitude
Green Purchase Behavior
Awareness of Consequence
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 123 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?