Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMENGARUHI INTENSI UNTUK
MENGUNJUNGI GREEN HALAL
TOURISM PADA MASYARAKAT
MUSLIM DI INDONESIA
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Faktor-faktor yang Memengaruhi Intensi Untuk Mengunjungi Green Halal Tourism Pada Masyarakat Muslim di Indonesia

Factors Influencing Intention to Visit Green Halal Tourism of Indonesian Muslims

Natasha Alifia - ; Elevita Yuliati (Pembimbing/Promotor) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Arga Hananto (Penguji) - ;

Pariwisata halal di Indonesia semakin berkembang setelah pelonggaran aturan lockdown dan pembatasan perjalanan. Pengembangan pariwisata berkelanjutan juga menjadi penting, mengingat meningkatnya kesadaran akan keberlanjutan (sustainability). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intensi untuk mengunjungi green halal tourism pada masyarakat muslim di Indonesia. Penelitian ini menggunakan kerangka Theory of Planned Behavior (TPB) dengan tambahan beberapa variabel, yaitu religiosity, travel motivation dan moral reflectiveness. Penelitian kuantitatif ini dianalisis dengan Partial Least Square–Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Data dikumpulkan dari 310 responden muslim di Indonesia menggunakan metode non-probability sampling. Kuesioner survei disebarkan secara daring melalui WhatsApp, Line, Instagram, dan Twitter (X). Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude, subjective norm, perceived behavioral control, religiosity, dan destination trust memiliki pengaruh positif langsung terhadap intention to visit. Halal awareness, destination image, travel motivation, dan moral reflectiveness tidak secara langsung memengaruhi intensi tersebut. Travel motivation, moral reflectiveness, dan religiosity berpengaruh positif terhadap attitude. Religiosity juga berpengaruh positif terhadap halal awareness. Religiosity dan travel motivation memengaruhi destination image, yang kemudian memengaruhi intention to visit setelah dimediasi oleh destination trust. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi praktisi dan industri pariwisata dalam mengembangkan strategi serta memperluas literatur terkait green halal tourism.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 14934PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekIntention to visit
theory of planned behavior (tpb)
Green Halal Tourism
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 172 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?