Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
KESUKSESAN SISTEM INFORMASI
DAN INTENSI BERDONASI
DIGITAL DI INDONESIA
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Kesuksesan Sistem Informasi dan Intensi Berdonasi Digital di Indonesia

Naqiyya Salsabila - ; Rahmatina Awaliah Kasri (Pembimbing/Promotor) - ; Lisa Listiana (Penguji) - ; Banu Muhammad Haidlir (Penguji) - ;

Seiring dengan perkembangan teknologi, terutama pada pembayaran digital, masyarakat semakin dimudahkan dalam berdonasi. Namun, karakteristik dan kualitas sistem informasi serta kepercayaan terhadap platform donasi digital masih menjadi aspek yang perlu ditinjau kembali mengingat banyaknya terjadinya permasalahan terkait aspek tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memengaruhi minat seseorang dalam berdonasi menggunakan pembayaran digital melalui perspektif model Kesuksesan Sistem Informasi (Information System Success). Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis dampak faktor kepercayaan dan religiusitas terhadap intensi berdonasi digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan model empiris Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan melibatkan 430 responden di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kepercayaan, dan persepsi kegunaan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan, yang selanjutnya memengaruhi intensi seseorang dalam berdonasi digital di Indonesia. Selain itu, religiusitas juga dapat memberikan pengaruh yang lebih kuat atau memoderasi hubungan kepuasan dengan intensi seseorang dalam berdonasi digital di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini, pihak platform donasi digital diharapkan dapat meningkatkan kualitas sistem, kepercayaan, dan kepuasan pengguna guna mendorong intensi seseorang dalam berdonasi digital. Selain itu, kolaborasi antara platform donasi digital dan organisasi non-profit perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kepercayaan publik dalam menggunakan layanan digital.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 14939PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekPerceived quality
Trust
Satisfaction
Religiosity
Perceived usefulness
Digital Donation
Intention to Donate Digital
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 98 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?