Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH ISLAMIC RELIGIOSITY
TERHADAP GREEN REPURCHASE
INTENTION PADA KONSUMEN PURE
GREEN BERAS ORGANIK DI
INDONESIA
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Pengaruh Islamic Religiosity Terhadap Green Repurchase Intention Pada Konsumen Pure Green Beras Organik di Indonesia

Adinda Fildzah Ghassani - ; Nissa Ghulma Ratnasari (Pembimbing/Promotor) - ; Yeshika Alversia (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ;

Pasar makanan organik telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Religiosity terhadap Green Repurchase Intention. Dimensi lingkungan dari Spiritual Well Being (yaitu Environmental Well Being) dianalisis sebagai mediator dan Green Skepticism sebagai moderator. Desain penelitian yang digunakan adalah konklusif deskriptif. Metode pengumpulan data dengan survey melalui self administered online questionnaire yang disebarkan pada 116 responden. Metode pengambilan sampel adalan non probability sampling yakni purposive sampling dengan kriteria responden Warga Negara Indonesia (WNI), beragama islam, dan pernah membeli produk pure green beras organik. Metode analisis menggunakan software IBM SPSS Statistics Version 27 dan Structural Equation Model dengan SEM AMOS Version 26 untuk uji hipotesis pengaruh langsung, sedangkan untuk pengaruh tidak langsung diuji dengan menggunakan Hayes’ process macro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic Religiosity berpengaruh signifikan terhadap Green Repurchase Intention, sedangkan Spiritual Environmental Well Being tidak berpengaruh signifikan terhadap Green Repurchase Intention, serta Islamic Religiosity tidak berpengaruh signifikan terhadap Spiritual Environmental Well Being. Peran mediasi variabel Spiritual Environmental Well Being dalam memediasi Islamic Religiosity terhadap Green Repurchase Intention juga tidak ditemukan. Sedangkan variabel Green Skepticism tidak memoderasi hubungan Islamic Religiosity terhadap Green Repurchase Intention.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 14940PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekTheory of Planned Behavior
Organic Food
Islamic Religiosity
organic products
Green Skepticism
Spiritual Environmental Well Being
Green Repurchase Intention
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 113 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?