Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR
EXTENDED EXPECTATION
CONFIRMATION MODEL TERHADAP
CONSUMERS CONTINUANCE
INTENTION PENGGUNA GRAB
DA...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Pengaruh Faktor-faktor Extended Expectation Confirmation Model terhadap Consumers Continuance Intention Pengguna Grab dan Gojek : Peran Moderasi Perceived Risk

Muhammad Arif Erlangga - ; Tengku Ezni Balqiah (Pembimbing/Promotor) - ; Elevita Yuliati (Penguji) - ; Ignatius Heruwasto (Penguji) - ;

Penelitian mengenai pengaruh risiko sangat penting untuk diukur khususnya pada konteks industri ride-hailing dimana beberapa pelaku ekonomi saling menggunakan sumber daya yang sama, dalam hal ini adalah konsumsi transportasi bersama menggunakan aplikasi. Studi ini bertujuan untuk memahami determinan dari motivasi konsumen untuk mencapai kepuasan dan memiliki intensi terus menggunakan layanan transportasi ride-hailing. Untuk menguji 17 hipotesis ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner penelitian yang dikumpulkan melalui 195 pengguna aplikasi Grab dan 195 pengguna aplikasi Gojek, secara purposive sampling dengan karakteristik responden berdomisili di Jabodetabek, berumur di atas 17 tahun, serta menggunakan aplikasi Grab atau Gojek. Analisis data menggunakan metode PLS-SEM dilakukan dengan software SmartPLS menunjukan terdapat 10 hipotesis yang signifikan, dimana continuance intention dipengaruhi oleh perceived usefulness, expectation confirmation, dan satisfaction, serta economic benefits. Sedangkan pada satisfaction dipengaruhi oleh expectation confirmation, perceived usefulness, economic benefits, social experience, platform incentives, dan perceived risks. Pada konteks kebaruan penelitian, variabel perceived risks hanya mempengaruhi hubungan antara perceived usefulness dengan satisfaction dan continuance intention. Implikasi hasil penelitian ini adalah baik Grab dan Gojek dapat memformulasikan strategi untuk menciptakan continuance intention berdasarkan faktor - faktor dan karakteristik demografi pengguna yang diteliti.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 14989PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekConsumer behavior
Marketing
Continuance Intention
Digital Business
structural equation modeling (SEM)
Expectation Confirmation Model
Ride-Hailing
Perceived Risks
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 153 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?