Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
REVEALING THE FACE OF LIVE
SHOPPING: HOW LIVE STREAM
HOST CHARACTERISTICS
INFLUENCE CONSUMER
INTENTIONS (CASE STUDY:
TIK...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Revealing the Face of Live Shopping: How Live Stream Host Characteristics Influence Consumer Intentions (Case Study: TikTok)

Shabrina Arifanti - ; Ira Iriyanty (Pembimbing/Promotor) - ; Triana Rahajeng Hadiprawoto (Penguji) - ; Arga Hananto (Penguji) - ;

Studi ini mengkaji bagaimana penonton memandang karakteristik host livestream dan dampaknya terhadap niat konsumen mereka, dengan menargetkan 224 orang Indonesia berusia 18-34 tahun dengan pengalaman menonton livestream TikTok dalam enam bulan terakhir. Menggunakan structural equation modelling berbasis kovarian (CB-SEM), penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik fisik dan sosial secara tidak langsung mempengaruhi niat konsumen untuk mengikuti saran host dan merekomendasikan host kepada orang lain, sementara kemampuan profesional tidak memiliki pengaruh signifikan. Studi ini menunjukkan bahwa semakin sering penonton berinteraksi secara online, semakin kuat pengaruh daya tarik host (fisik dan sosial) terhadap perasaan interaksi parasosial dan kepercayaan mereka. Namun, kebiasaan berinteraksi online tidak mempengaruhi penilaian penonton terhadap kemampuan profesional host. Temuan ini menyarankan agar perusahaan memprioritaskan pemilihan host yang dapat membangun komunitas dan mendorong interaksi untuk memanfaatkan daya tarik sosial dan membangun kepercayaan di luar penampilan fisik. Pendekatan ini menekankan pentingnya host yang memiliki karakter menyeluruh untuk membangun koneksi jangka panjang dengan audiens, yang pada akhirnya menguntungkan merek yang mereka wakili.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15030PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekSocial commerce
Parasocial Interaction
Live Streaming Shopping
Host Characteristics
Online Interaction Propensity
Cognitive-Affective System Theory
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 144 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?