Skripsi
Revealing the Face of Live Shopping: How Live Stream Host Characteristics Influence Consumer Intentions (Case Study: TikTok)
Studi ini mengkaji bagaimana penonton memandang karakteristik host livestream dan dampaknya terhadap niat konsumen mereka, dengan menargetkan 224 orang Indonesia berusia 18-34 tahun dengan pengalaman menonton livestream TikTok dalam enam bulan terakhir. Menggunakan structural equation modelling berbasis kovarian (CB-SEM), penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik fisik dan sosial secara tidak langsung mempengaruhi niat konsumen untuk mengikuti saran host dan merekomendasikan host kepada orang lain, sementara kemampuan profesional tidak memiliki pengaruh signifikan. Studi ini menunjukkan bahwa semakin sering penonton berinteraksi secara online, semakin kuat pengaruh daya tarik host (fisik dan sosial) terhadap perasaan interaksi parasosial dan kepercayaan mereka. Namun, kebiasaan berinteraksi online tidak mempengaruhi penilaian penonton terhadap kemampuan profesional host. Temuan ini menyarankan agar perusahaan memprioritaskan pemilihan host yang dapat membangun komunitas dan mendorong interaksi untuk memanfaatkan daya tarik sosial dan membangun kepercayaan di luar penampilan fisik. Pendekatan ini menekankan pentingnya host yang memiliki karakter menyeluruh untuk membangun koneksi jangka panjang dengan audiens, yang pada akhirnya menguntungkan merek yang mereka wakili.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15030 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Social commerce Parasocial Interaction Live Streaming Shopping Host Characteristics Online Interaction Propensity Cognitive-Affective System Theory |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xi, 144 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |