Skripsi
Analisis Intensi Konsumen Muslim dalam Membeli Produk Prososial
Konsumen Muslim di Indonesia memiliki intensi pembelian produk prososial yang kompleks karena didorong oleh kombinasi nilai agama, norma sosial, dan motivasi pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi intensi pembelian produk prososial tersebut. Model kombinasi Social Dilemma Theory (SDT) dan Theory of Planned Behavior (TPB) digunakan sebagai model utama penelitian ini untuk menganalisis intensi pembelian. Model-model tersebut juga dianalisis secara terpisah untuk mengecek kekuatan dan keselarasannya. Variabel religiositas ditambahkan sebagai variabel independen dan pengaruh untuk memahami peran nilai-nilai agama dalam keputusan pembelian. Data primer dikumpulkan melalui metode non-probability sampling dengan melibatkan 415 responden Muslim di Indonesia. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Lebih lanjut, hasil penelitian menunjukkan variabel kepedulian sosial dan lingkungan, kewajiban moral, religiositas, dan kontrol perilaku yang dirasakan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi pembelian. Hal ini berarti konsumen Muslim yang memiliki nilai-nilai sosial dan lingkungan yang tinggi, serta terikat dengan norma moral dan religios, lebih cenderung membeli produk prososial. Tekanan sosial juga berperan dalam memengaruhi persepsi biaya produk, di mana konsumen Muslim lebih toleran terhadap harga yang lebih tinggi ketika merasakan tekanan sosial. Religiositas berperan sebagai pengaruh penting dalam mendorong kepedulian sosial dan lingkungan, sikap positif terhadap produk, norma sosial yang mendukung pembelian, dan kontrol perilaku yang dirasakan
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15055 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Purchase intention Religiosity Muslim Consumers prosocial Ethical Consumption Prosocial Products |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiv, 193 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |