Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENERAPAN EXTENDED THEORY OF
PLANNED BEHAVIOR DALAM
MENINGKATKAN GREEN PURCHASE
INTENTION PRODUK KOSMETIK:
MODERASI KU...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Penerapan Extended Theory of Planned Behavior Dalam Meningkatkan Green Purchase Intention Produk Kosmetik: Moderasi Kualitas dan Religiusitas

Iris Listyajaya Buwono - ; Tengku Ezni Balqiah (Pembimbing/Promotor) - ; Elevita Yuliati (Penguji) - ; Yeshika Alversia (Penguji) - ;

Seiring dengan pertumbuhan industri kosmetik yang signifikan, semakin banyak konsumen yang mulai menyadari pentingnya perawatan diri dan dampak negatif dari produk yang digunakan terhadap lingkungan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menguji kontribusi environmental knowledge dan environmental sensitivity terhadap green purchase intention produk kosmetik ramah lingkungan, serta efek moderasi green product quality dan Islamic religiosity pada muslim Generasi Z dengan menggunakan model Extended Theory of Planned Behavior (TPB). Untuk menguji 14 hipotesis, melalui metode penelitian online survey diperoleh data dari 418 responden muslim Generasi Z melalui teknik purposive sampling. Pengolahan data dengan menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS 3 memperlihatkan hanya 8 hipotesis yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa environmental knowledge dan environmental sensitivity berpengaruh positif terhadap attitude towards purchase of green product, yang selanjutnya berpengaruh positif terhadap green purchase intention. Sementara itu, subjective norms dan perceived behavioral control tidak memiliki pengaruh positif terhadap green purchase intention. Variabel green product quality dan Islamic religiosity juga tidak memoderasi pengaruh variabel TPB dan green purchase intention. Penelitian ini berkontribusi sebagai sumber literatur bagi akademisi, panduan strategi green marketing bagi pelaku industri, acuan kebijakan lingkungan bagi regulator, dan meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat secara keseluruhan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15059PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekTheory of Planned Behavior
Environmental knowledge
Green Purchase Intention
Green Cosmetics
Environmental Sensitivity
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvi, 180 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?