Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH TEKANAN WAKTU DAN
PERCEIVED VALUE TERHADAP
PEMBELIAN IMPULSIF DI SHOPEE
LIVE PADA KONSUMEN SKINCARE
DI INDONESI...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Pengaruh Tekanan Waktu dan Perceived Value terhadap Pembelian Impulsif di Shopee Live pada Konsumen Skincare di Indonesia: Emotions sebagai Moderasi

The Influence of Time Pressure and Perceived Value on Impulsive Buying at Shopee Live for Skincare Consumers in Indonesia: Emotions as Moderation

Brigitta Efinia Atfiko - ; Nissa Ghulma Ratnasari (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Akhir Matua Harahap (Penguji) - ;

Aktivitas penjualan produk yang dilakukan lewat live-streaming menjadi terobosan baru dalam dunia online shopping. Hal ini didukung dengan banyaknya platform e-commerce yang memfasilitasi aktivitas penjualan produk secara live dengan menciptakan fitur live-streaming. Proses penjualan produk secara live-streaming ini menyebabkan adanya keterbatasan waktu dan perceived value bagi penonton sehingga dapat memicu perilaku pembelian secara impulsif. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh tekanan waktu yang dihadapi serta peran perceived value dan emosi yang dirasakan oleh konsumen terhadap perilaku pembelian impulsif. Penelitian ini berjenis konklusif deskriptif cross-sectional dan menggunakan pendekatan teori SO-R, dengan metode penelitian Partial Least Square-Structural Equation Method (PLS-SEM). Data dikumpulkan melalui survei yang dibagikan secara online kepada pembeli produk skincare di Shopee Live yang berusia 18 - 25 tahun di Indonesia. Sebanyak 327 responden berhasil dikumpulkan melalui survei dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari tekanan waktu terhadap perilaku pembelian impulsif yang dimediasi oleh perceived value. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha maupun manajer dalam menentukan strategi penjualan produk saat live-streaming, khususnya bagi pelaku usaha produk skincare di Shopee Live.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15066PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekPerceived value
Emotions
Impulsive buying
Time pressure
Live-Streaming E-Commerce
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvi, 130 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?