Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
SKEMA PEMBAYARAN
BUY-NOW-PAY-LATER: PENGARUH
METODE PEMBAYARAN “BELI
SEKARANG, BAYAR NANTI”
TERHADAP PERILAKU BELANJA
KO...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Skema Pembayaran Buy-Now-Pay-Later: Pengaruh Metode Pembayaran “Beli Sekarang, Bayar Nanti” Terhadap Perilaku Belanja Konsumen di Indonesia

Michelle Angel - ; Fandis Ekyawan (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Daryanti (Penguji) - ; Anna Amalyah Agus (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh perilaku belanja konsumen apabila melakukan perbelanjaan menggunakan metode pembayaran “Buy-Now-Pay-Later” sebagai inovasi terbaru metode pembayaran online. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mendasarkan analisisnya pada beberapa teori utama, yaitu konsep efek numerositas (numerosity effect); perceived expensiveness, dan rasa sakit saat membayar (pain of payment concept) yang berperan sbagai mediasi antara metode pembayaran paylater dan perilaku konsumen. Dengan membagi pembayaran menjadi jumlah lebih kecil menggunakan paylater, rasa sakit yang dirasakan saat membayar menjadi berkurang, sehingga menyebabkan peningkatan perilaku belanja. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner terstruktur melalui survei online. Responden diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berfokus pada situasi belanja dengan metode pembayaran paylater. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru mengenai implikasi metode pembayaran paylater terhadap perilaku belanja konsumen, serta bagaimana variabel mediasi berperan dalam hal ini. Penelitian ini diperoleh melalui pengolahan data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15107PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekPayLater
Spending behavior
Numerosity Effect
Pain of Payment
Perceived Expensiveness
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxviii, 126 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?