Skripsi
Pengaruh Customer Experience pada Digitalized Interactive Platforms (DIPs) Bidang Ritel terhadap Customer Loyalty: Studi pada Aplikasi “Alfagift”
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari customer experience yang dibagi menjadi 4 elemen, yaitu cognitive experience, affectice experience, relational experience, dan sensorial experience, terhadap customer loyalty. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji peran mediasi customer satisfaction dalam memperkuat pengaruh customer experience (cognitive experience, affective experience, relational experience, dan sensorial experience) terhadap customer loyalty dalam konteks penggunaan aplikasi "Alfagift" di Indonesia. Lalu, ada juga efek moderasi dari variable gender, usia, dan jenis device, yang nantinya dilihat apakah ada pengaruh yang signifikan dari perbedaan kelompok tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan survei daring kepada 220 responden berusia 18-35 tahun yang pernah menggunakan aplikasi "Alfagift" selama 2 tahun ke belakang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara relational experience, sensorial experience, dan customer satisfaction berdampak positif terhadap customer loyalty. Namun, ada pengaruh yang tidak signifikan pada variable cognitive experience dan affective experience terhadap customer loyalty. Selain itu, ditemukan bahwa customer satisfaction memediasi pengaruh relational experience dan sensorial experience, namun tidak memediasi pengaruh cognitive experience dan affective experience. Untuk implikasinya, penelitian ini menyimpulkan bahwa akan lebih baik meningkatkan experience yang melibatkan relational dan sensorial konsumennya karena kedua variable tersebut terbukti signifikan dibanding 2 variable lainnya
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15135 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Customer loyalty Customer Satisfaction Customer Experience Cognitive Experience Affective Experience Relational Experience Sensorial Experience Retail Application Interactive Platform |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xvi, 91 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |