Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE
PADA DIGITALIZED INTERACTIVE
PLATFORMS (DIPS) BIDANG
RITEL TERHADAP CUSTOMER
LOYALTY: STUDI...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Pengaruh Customer Experience pada Digitalized Interactive Platforms (DIPs) Bidang Ritel terhadap Customer Loyalty: Studi pada Aplikasi “Alfagift”

Kezia Ulibasa - ; Fandis Ekyawan (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Daryanti (Penguji) - ; Anna Amalyah Agus (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari customer experience yang dibagi menjadi 4 elemen, yaitu cognitive experience, affectice experience, relational experience, dan sensorial experience, terhadap customer loyalty. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji peran mediasi customer satisfaction dalam memperkuat pengaruh customer experience (cognitive experience, affective experience, relational experience, dan sensorial experience) terhadap customer loyalty dalam konteks penggunaan aplikasi "Alfagift" di Indonesia. Lalu, ada juga efek moderasi dari variable gender, usia, dan jenis device, yang nantinya dilihat apakah ada pengaruh yang signifikan dari perbedaan kelompok tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan survei daring kepada 220 responden berusia 18-35 tahun yang pernah menggunakan aplikasi "Alfagift" selama 2 tahun ke belakang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara relational experience, sensorial experience, dan customer satisfaction berdampak positif terhadap customer loyalty. Namun, ada pengaruh yang tidak signifikan pada variable cognitive experience dan affective experience terhadap customer loyalty. Selain itu, ditemukan bahwa customer satisfaction memediasi pengaruh relational experience dan sensorial experience, namun tidak memediasi pengaruh cognitive experience dan affective experience. Untuk implikasinya, penelitian ini menyimpulkan bahwa akan lebih baik meningkatkan experience yang melibatkan relational dan sensorial konsumennya karena kedua variable tersebut terbukti signifikan dibanding 2 variable lainnya


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15135PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekCustomer loyalty
Customer Satisfaction
Customer Experience
Cognitive Experience
Affective Experience
Relational Experience
Sensorial Experience
Retail Application
Interactive Platform
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvi, 91 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?