Skripsi
The Use of AI in Market Research: Risks of Privacy Breaches, Data Leaks, Bias and Unauthorized Use of Consumer Data
Kecerdasan buatan atau AI adalah simulasi pengetahuan manusia yang telah dikodekan ke dalam suatu perangkat lunak, biasanya digunakan oleh bisnis dan orang-orang untuk memanfaatkan perangkat lunak ini untuk mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan. AI digunakan di banyak sektor perekonomian seperti keuangan hingga layanan kesehatan. Perangkat lunak AI menjalankan aktivitas seperti pikiran manusia dan diprogram untuk melakukan aktivitas pembelajaran, penalaran, dan persepsi. Implementasi AI telah dimanfaatkan oleh banyak bisnis terkenal seperti speaker pintar seperti Siri atau Alexa. Kecerdasan Buatan telah digunakan di sektor medis melalui pengujian perawatan, menyarankan dosis obat, dan membantu prosedur pembedahan. Namun, hal ini menimbulkan kekhawatiran mengenai praktik etika seperti pelanggaran data pribadi pelanggan, kemampuan pengambilan keputusan yang bias, penggunaan data tanpa izin, dan manipulasi preferensi pelanggan. Laporan tersebut menyebutkan contoh pelanggaran data yang terjadi di bisnis skala besar seperti Cambridge Analytica, Canva, dan Optus. Untuk menghindari timbulnya masalah ini, bisnis harus membuat pedoman yang ketat untuk penggunaan dan penyimpanan data pribadi pelanggan, pelatihan karyawan yang ekstensif untuk menangani dan memelihara program AI, audit rutin dengan manajer risiko untuk melakukan pengawasan harian terhadap manajemen data untuk mendapatkan pemahaman. keamanan dan kepercayaan dengan pelanggan. Namun, AI juga bermanfaat bagi pengoperasian bisnis dan pencapaian tujuan serta sasarannya. Ini mungkin termasuk otomatisasi tugas yang membosankan, menyediakan layanan pelanggan yang inovatif sekaligus mengurangi biaya yang telah digunakan oleh Google seperti yang dijelaskan dalam laporan tersebut. Integrasi AI dengan layanan Starbucks Barista berhasil meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan penerapan AI ini, harus selalu ada keseimbangan antara keberhasilan integrasi AI dengan tetap mengikuti protokol etika yang ditetapkan oleh dunia usaha dan pemerintah untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan membangun reputasi serta basis pelanggan mereka.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15139 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Risks Market research Consumer data Bias Privacy Breaches Data Leaks Unauthorized Use |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | 33 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Makalah Non Seminar |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |