Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
DAMPAK INDONESIAN ETHNIC
RESTAURANT EXPERIENCE
TERHADAP INTENSI WISATAWAN
DOMESTIK: PERAN MEDIASI
DESTINATION FOOD IMAGE...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024

Skripsi

Dampak Indonesian Ethnic Restaurant Experience terhadap Intensi Wisatawan Domestik: Peran Mediasi Destination Food Image dan Kepuasan atas Ethnic Restaurant Experience

Adella Sekarini - ; Gita Gayatri (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Hapsari setyowardhani (Penguji) - ;

Kendatipun memiliki kontribusi besar pada perekonomian nasional, sektor pariwisata mengalami penurunan yang signifikan selama pandemi COVID-19. Setelah dicabutnya kebijakan pembatasan perjalanan berkaitan dengan pandemi COVID-19, jumlah perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) terbukti mengalami bounce back lebih cepat dan secara signifikan dibandingkan wisatawan mancanegara (wisman). Sebagai motor penggerak pemulihan sektor pariwisata di Indonesia, pariwisata nusantara (domestik) menjadi semakin menarik dan esensial untuk dipelajari lebih lanjut. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mempelajari kemungkinan restoran etnik dalam meningkatkan intensi wisatawan generasi Z dan milenial untuk melakukan kunjungan ke destinasi. Penelitian ini menginvestigasi pengaruh ethnic restaurant experience pada intensi untuk mengonsumsi makanan lokal dan intensi untuk mengunjungi daerah asal makanan/restoran etnik, melalui peran mediasi destination food image dan kepuasan atas ethnic restaurant experience. Data primer penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan ke seluruh Indonesia dan diolah menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS ver. 4.1.0.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ethnic restaurant experience tidak memengaruhi intensi untuk mengunjungi daerah asal restoran etnik secara langsung, tetapi secara tidak langsung melalui peran mediasi destination food image. Pengaruh ethnic restaurant experience pada intensi untuk mengunjungi daerah asal restoran etnik juga dapat dijelaskan melalui peran mediasi kepuasan atas ethnic restaurant experience. Sementara itu, intensi untuk mengonsumsi makanan lokal tidak memiliki pengaruh pada intensi untuk mengunjungi daerah asal restoran etnik.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15152PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekSatisfaction
Experiential marketing
Destination Marketing
Tourist Behavior and Decision Making
Food and Travel (Re)purchase Intention
Destination Food Image
Indonesian Ethnic Restaurant
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxviii, 247 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?