Skripsi
Dampak Indonesian Ethnic Restaurant Experience terhadap Intensi Wisatawan Domestik: Peran Mediasi Destination Food Image dan Kepuasan atas Ethnic Restaurant Experience
Kendatipun memiliki kontribusi besar pada perekonomian nasional, sektor pariwisata mengalami penurunan yang signifikan selama pandemi COVID-19. Setelah dicabutnya kebijakan pembatasan perjalanan berkaitan dengan pandemi COVID-19, jumlah perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) terbukti mengalami bounce back lebih cepat dan secara signifikan dibandingkan wisatawan mancanegara (wisman). Sebagai motor penggerak pemulihan sektor pariwisata di Indonesia, pariwisata nusantara (domestik) menjadi semakin menarik dan esensial untuk dipelajari lebih lanjut. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mempelajari kemungkinan restoran etnik dalam meningkatkan intensi wisatawan generasi Z dan milenial untuk melakukan kunjungan ke destinasi. Penelitian ini menginvestigasi pengaruh ethnic restaurant experience pada intensi untuk mengonsumsi makanan lokal dan intensi untuk mengunjungi daerah asal makanan/restoran etnik, melalui peran mediasi destination food image dan kepuasan atas ethnic restaurant experience. Data primer penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan ke seluruh Indonesia dan diolah menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS ver. 4.1.0.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ethnic restaurant experience tidak memengaruhi intensi untuk mengunjungi daerah asal restoran etnik secara langsung, tetapi secara tidak langsung melalui peran mediasi destination food image. Pengaruh ethnic restaurant experience pada intensi untuk mengunjungi daerah asal restoran etnik juga dapat dijelaskan melalui peran mediasi kepuasan atas ethnic restaurant experience. Sementara itu, intensi untuk mengonsumsi makanan lokal tidak memiliki pengaruh pada intensi untuk mengunjungi daerah asal restoran etnik.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15152 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Satisfaction Experiential marketing Destination Marketing Tourist Behavior and Decision Making Food and Travel (Re)purchase Intention Destination Food Image Indonesian Ethnic Restaurant |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xviii, 247 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |