Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI INTENSI
PEMBELIAN PAKAIAN RAMAH
LINGKUNGAN BRAND LOKAL:
STUDI KOMPARASI PADA MUSLIM
IN...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Intensi Pembelian Pakaian Ramah Lingkungan Brand Lokal: Studi Komparasi pada Muslim Indonesia yang Berbeda Pengalaman

Atik Zanzabila - ; Anna Amalyah Agus (Pembimbing/Promotor) - ; Ira Iriyanty (Penguji) - ; Agung Nugroho (Penguji) - ;

Masalah keberlanjutan lingkungan dalam industri pakaian menjadi semakin mendesak mengingat adanya peningkatan polusi, limbah, dan penggunaan sumber daya alam yang tidak ramah lingkungan. Isu ini semakin relevan mengingat tren konsumsi yang terus meningkat seiring dengan perkembangan industri fashion yang cepat. Kondisi lingkungan di Indonesia yang semakin memprihatinkan mengharuskan berbagai pihak untuk dapat berorientasi pada pendekatan berkelanjutan. Kenaikan permintaan pada industri pakaian mendorong brand lokal untuk menerapkan konsep ramah lingkungan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi intensi pembelian muslim Indonesia terhadap produk pakaian ramah lingkungan brand lokal. Penelitian ini memperoleh sampel sebanyak 257 muslim Indonesia yang sudah pernah membeli dan 300 muslim Indonesia yang belum pernah membeli pakaian ramah lingkungan dari brand lokal, yang kemudian dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan penting. Untuk muslim Indonesia yang sudah pernah membeli, collectivism berpengaruh signifikan terhadap subjective norm, perceived behavioral control, dan environment concern, tetapi tidak terhadap attitude. Attitude, perceived behavioral control, environment concern, dan Islamic brand personality berpengaruh positif terhadap purchase intention, sementara subjective norm, religiosity, dan price sensitivity tidak memiliki pengaruh signifikan. Sebaliknya, untuk muslim Indonesia yang belum pernah membeli, collectivism berpengaruh signifikan terhadap attitude, subjective norm, perceived behavioral control, dan environment concern. Attitude, subjective norm, perceived behavioral control, dan Islamic brand personality juga berpengaruh positif terhadap purchase intention, sedangkan environment concern dan religiosity tidak berpengaruh signifikan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15170PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekPurchase intention
Green marketing
Theory of Planned Behavior
Price Sensitivity
Eco-Friendly Apparel
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvi, 188 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?