Skripsi
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Intensi Pembelian Pakaian Ramah Lingkungan Brand Lokal: Studi Komparasi pada Muslim Indonesia yang Berbeda Pengalaman
Masalah keberlanjutan lingkungan dalam industri pakaian menjadi semakin mendesak mengingat adanya peningkatan polusi, limbah, dan penggunaan sumber daya alam yang tidak ramah lingkungan. Isu ini semakin relevan mengingat tren konsumsi yang terus meningkat seiring dengan perkembangan industri fashion yang cepat. Kondisi lingkungan di Indonesia yang semakin memprihatinkan mengharuskan berbagai pihak untuk dapat berorientasi pada pendekatan berkelanjutan. Kenaikan permintaan pada industri pakaian mendorong brand lokal untuk menerapkan konsep ramah lingkungan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi intensi pembelian muslim Indonesia terhadap produk pakaian ramah lingkungan brand lokal. Penelitian ini memperoleh sampel sebanyak 257 muslim Indonesia yang sudah pernah membeli dan 300 muslim Indonesia yang belum pernah membeli pakaian ramah lingkungan dari brand lokal, yang kemudian dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan penting. Untuk muslim Indonesia yang sudah pernah membeli, collectivism berpengaruh signifikan terhadap subjective norm, perceived behavioral control, dan environment concern, tetapi tidak terhadap attitude. Attitude, perceived behavioral control, environment concern, dan Islamic brand personality berpengaruh positif terhadap purchase intention, sementara subjective norm, religiosity, dan price sensitivity tidak memiliki pengaruh signifikan. Sebaliknya, untuk muslim Indonesia yang belum pernah membeli, collectivism berpengaruh signifikan terhadap attitude, subjective norm, perceived behavioral control, dan environment concern. Attitude, subjective norm, perceived behavioral control, dan Islamic brand personality juga berpengaruh positif terhadap purchase intention, sedangkan environment concern dan religiosity tidak berpengaruh signifikan.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15170 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Purchase intention Green marketing Theory of Planned Behavior Price Sensitivity Eco-Friendly Apparel |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xvi, 188 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |